[Tutorial] Cara mengamankan koneksi internet dari NetCut

Cara mengamankan koneksi internet dari NetCut
Standard

Assalamu’alaikum

Seringkali jika kita bertemu jaringan internet di cafe atau di tempat umum, maka tindakan yang langsung dilakukan adalah menghubungkan perangkat gadget ke jaringan tersebut.

Namun, kita tidak tahu, siapa saja yang menggunakan jaringan itu dan apa saja yang dilakukan oleh pengguna perangkat yang terhubung. Salah satu tindakan curang yang sering dilakukan oleh pengguna perangkat gadget adalah NetCut. Yaitu, tindakan yang dapat memutus koneksi jaringan internet salah satu pengguna yang terhubung, secara sepihak.

Tindakan ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi NetCut (untuk pengguna komputer ber-sistem operasi Windows) atau TuxCut (untuk pengguna komputer ber-sistem operasi Linux). Sedangkan untuk smartphone ber-sistem operasi Android, dapat menggunakan WifiKill. Bahkan, untuk tingkat lebih lanjut, penyerang dapat melakukan tindakan Man In The Middle Attack, yaitu mencuri data dan informasi yang terbuhung ke perangakat gadget kita.

Tips agar dapat terlindungi dari serangan ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan alamat ip (IP Address) gateway dan alamat perangkat keras (Mac Address Wifi Router) yang digunakan pada instalasi jaringan internet ke perangkat gadget kita. Sehingga, jika perangkat gadget kita terkena serangan tersebut, maka koneksi jaringan internet kita tidak akan terputus. Hal itu disebabkan karena pada perangkat gadget telah kita didaftarkan alamat ip gateway dan alamat perangkat keras yang digunakan pada instalasi jaringan internet yang terdapat di cafe atau tempat umum tempat kita melakukan koneksi internet. Selain dari alamat ip gateway dan alamat perangkat keras yang telah terdaftar, tidak akan dilayani pada perangkat gadget kita

Tutorial berikut ini akan mempraktekkan cara menambahkan informasi alamat ip gateway dan alamat perangkat keras sebuah instalasi jaringan internet publik pada sistem operasi Linux. Cara yang sama, dapat anda praktekkan pada sistem operasi Windows. Begitu juga dengan smartphone Android, anda dapat mencobanya dengan meng-install aplikasi Terminal Emulator dan Buzybox terlebih dahulu. Dengan syarat, smartphone Android anda telah di root.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s