[WordPress] Cara Update plugin Jetpack paling mudah

Cara Update Plugin Jetpack paling mudah
Standard

Assalamu’alaikum,

Dari berbagai plugin WordPress, pengalaman saya, yang paling rewel pada saat diupdate itu adalah Jetpack. Bisa jadi karena koneksi yang cekak atau layanan hosting kali ya. Tapi setiap kali saya update plugin Jetpack secara otomatis (dengan meng klik Update Now), saya selalu gagal. Atau bisa jadi karena ukuran file plugin ini sebesar 8 MB (ketika di-download), sehingga berat sewaktu meng-update-nya. Atau mungkin saya kurang move on dengan plugin yang satu ini (halah😀 )

Seperti yang kita tahu, ada banyak cara untuk mengupdate plugin. Mulai dari yang praktis dengan langsung mengklik Update Now sampai yang paling ribet, download dulu file zip dari pembuat plugin, lalu upload ke web, kemudian di ekstrak. Ribet bukan ?

Beberapa kali pengalaman mengupdate Jetpack yang sering gagal, akhirnya saya curhat dengan teknisi penyedia hosting. Ternyata, mereka memilih cara yang ribet untuk mengupdate plugin WordPress. Hanya sedikit penambahan dari cara ribet diatas. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Download terlebih dahulu file .zip dari penyedia plugin,
  • Sembari men-download, coba login ke cpanel web, kemudian masuk ke folder tempat plugin WordPress biasa berada. Setelah pasti berada di folder plugin, rubah nama folder plugin Jetpack lama yang akan kita update, seperti jetpack menjadi jetpack-lama,
  • Setelah file .zip plugin selesai di download, silahkan upload file tersebut ke hosting-an web. Kemudian Ekstrak atau Unzip. Hasilnya, kita punya punya folder plugin Jetpack yang berbeda nama. Satu jetpack dan satunya lagi jetpack-lama. jetpack saja adalah hasil ekstrak file .zip, sedangkan jetpack-lama adalah folder plugin Jetpack yang sebelumnya telah ada di web WordPress kita.
  • Terakhir, hapus folder jetpack-lama dan file .zip Jetpack yang tadi telah kita upload. Maka akan secara otomatis plugin Jetpack telah berhasil di update

Mudah-mudah ribet bukan ?

Kalau dicoba, pasti mudah🙂

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s