Memaksa untuk mengerti

Screenshot-1
Standard

Assalamu’alaikum

Rasa kangen menghampiri saya karena hampir tiga bulan blog ini tidak saya update.

Tiga bulan ini saya memaksa diri untuk memahami sesuatu hal baru. Selama ini saya hanya menggeluti Linux dan keluarganya. Rasanya saya ingin mencoba sesuatu hal yang berbeda. Sama halnya saya dulu penasaran dengan yang namanya SQL Injection (jangan terkezut, cuma Lamer), begitu juga saat ini,  saya penasaran dengan yang namanya SEO dan Social Media Marketing (baca : SMM) (anggap aja singkatannya benar, hitung-hitung nambah kosakata baru😀 ) 

Pernah beberapa kali mengikuti kopdar komunitas internet marketing, tetapi hal tersebut masih belum membuktikan kepada saya, masa sih dengan teknik SEO yang ada, web kita jadi terkenal di Google ?. Terlebih lagi web yang kita miliki adalah web usaha. Saya yang selama ini cuma tau menawarkan jasa pembuatan web ke klien, jadi ingin membuktikannya. Terlebih lagi semenjak beberapa bulan yang lalu (hampir genap satu tahun), saya dipercaya sama teman dalam mengelola usaha keripik pisang coklatnya secara online (tapi baru kali ini saya bener-bener nge jajal SEO nya😀 #pis bro) Jadi, saat saya menawarkan jasa pembuatan web lagi ke klien, bisa membuktikan langsung, bahwa dengan web, usaha kita juga semakin dikenal (memang sejak dulu kaleee’)

Begitu juga dengan SMM (singkatan saya sudah mulai digunakan, terutama oleh saya sendiri). Selama ini saya hanya mengenal aplikasi untuk nge twit berupa feed berita yang berasal dari web atau blog milik orang lain secara otomatis, sekarang saya sedikit tahu (belum tahu banyak sih), ternyata ada ya aplikasi buat twitter yang bisa langsung menargetkan kicauan akun kita ke target pasar atau calon pembeli yang kita kehendaki. Saya benar-benar bagai katak dalam tempurung (puas puaaas ??? )

Dari hasil tiga bulan bersemedi, untuk saat ini, saya baru bisa menyimpulkan beberapa cara sekaligus panutan yang layak dicoba dalam ber SEO dan SMM. Kalau untuk SEO, dari beberapa artikel yang saya baca, saya lebih merekomendasikan mas Ibrahim Vatih sebagai tutor. Beliau punya web khusus untuk SEO yang beralamat di Revorma.com. Beliau lebih cendrung mengoptimasi web untuk usaha, bukan untuk iklan seperti Ad-sense. Disana ada banyak tutorial yang mudah dipahami dan mudah dipraktekkan. Contohnya seperti mempersiapkan SEO untuk website baru. Beliau dalam artikelnya yang berjudul “Persiapan SEO untuk Web berusia dini” menyebutkan kalau cukup 3 hal saja yang perlu dipersiapkan :

  1. Pakai WordPress
  2. Hubungkan ke Google
  3. Rajin Update Konten
  4. Fokus di Low Competition Keyword

Biar lebih afdol, silahkan langsung berkunjung ke web beliau.

Sedangkan untuk SMM, saya juga mendapatkan tool twitter yang super keren. Yang bisa bikin twitter kita nyepam (nge-spam, dengan huruf “ge” dan “s” luluh) ke akun twitter orang lain. Dimana kerennya, cuma nyepam ? Terserah, tapi bagi saya itu keren. Nama aplikasinya folbek.me. Aplikasi yang lagi-lagi besutan mas Ibrahim Vatih ini, memang patut diacungi jempol. Karena nyepam juga bukan sembarang nyepam, tapi nyepam yang tertarget. Bayangkan saja, akun twitter untuk usaha keripik pisang coklat milik teman saya tersebut setelah menggunakan aplikasi ini, bisa langsung dapat pembeli. Karena waktu itu saya nyepam ke follower milik @panselnas. Haha, jahat ya😀 . Masih banyak lagi fitur lainnya. Seperti meng unfollow akun twitter yang sudah kita follow, meng unfollow akun yang masih telor, sampai meng unfollow all (fitur yang banyak apaan, kok unfollow semua ?😡 ) Biar tidak penasaran, silahkan cobain. Saya yakin, promo usaha anda via twitter, insyaAllah makin optimal.

Wassalam

Leave a Reply

