[Arsip] Untuk Bill Gates

Standard

Assalamu’alaikum

Sekedar untuk mengarsipkan saja, sebelum tulisan ini hilang dilautan mayaūüôā

Kredit Ilustrasi: techrights.org/SubSonica

Kredit Ilustrasi: techrights.org/SubSonica

Bung Gates yang terhormat, perkenalkan, Saya menulis surat ini dari sebuah negeri dimana piranti lunak Anda adalah sebuah raksasa yang dominan. Sistem operasi yang Anda bikin telah sukses membuat sebagian besar warga bangsa saya menjadi ketergantungan dan pecandu produk bajakan.

Saking bergantungnya, kebanyakan dari kami bahkan terlalu malas untuk menjajal sistem operasi lain (baca: Linux) yang sebetulnya free dengan lisensi bebas pakai dan diciptakan dari keringat para developer paruh waktu tanpa bayaran, yang menyisihkan sebagianfamily time-nya untuk men-supply teknologi open source agar Negara Dunia Ketiga bangkit dari ketertinggalannya tanpa harus banyak-banyak menguras kantong.

Ironisnya, kultur open source dan penggunaan Linux di negara saya ini baru jadi mainan para geeks, hackers, teknisi, akademisi dan sebagian kecil hipster (sebagian hipster lain tentu saja memilih Mac sebagai OS paling unggul karena piranti lunak Anda terlalumainstream). Sedang pengguna awam lainnya hanya punya dua pilihan: menggunakan piranti lunak Anda dengan membeli lisensi dari penyalur resmi, atau merelakan waktu installasi dengan crack code dan keygen berlogo tengkorak dihiasi part lagu Linkin Park agar piranti lunak Anda bisa kami bajak tanpa beban.

Maka bung Gates yang terhormat, mendengar rencana kedatangan bung 5 April mendatang di perhelatan Indonesia Health Fund, saya menulis dengan kekhawatiran bahwa Anda hadir tak hanya demi reriungan filantropis dengan para orang kaya di Indonesia, tapi juga membawa perubahan pada penggunaan teknologi dan kebebasan berekspresi di negara kami.

Pasalnya, Anda adalah sosok yang punya pengaruh dan punya kuasa untuk melakukan lobi besar. Seperti yang Anda lakukan pada pemimpin negara lain dengan mewajibkan seluruh penyelenggara negara menggunakan sistem operasi Anda. Saya yakin itu bukan soal untung rugi, ini soal menunjukan kekuasaan, bahwa Anda bisa saja membuat Presiden kami tunduk dan menandatangi nota kesepahaman untuk memakai sistem operasi Anda, tentu saja tanpa perlu tender.

Tapi bukan tentang itu saya menulis ini bung Gates. Tapi tentang sikap ‚Äėmantan‚Äô perusahaan Anda yang cenderung diam dan mendukung rezim totaliter. Saya tak paham benar dengan ambivalensi dalam sikap hidup Anda. Anda mengaku seorang filantropis, yang merasa bahwa kemiskinan adalah musuh. Tapi di sisi lain Anda membiarkan pemerintah-pemerintah represif menindas rakyatnya sendiri.

Saya tak percaya pada isu-isu yang disusun ala konspirasi serupa iluminati atau freemason. Tapi membaca bocoran data Wikileaks tertanggal 22 September 2006 saya mau tak mau harus kecewa. Di sana tertulis apabila perusahaan Anda meminta agar rezim Zine El Abidine Ben Ali mencabut dukungan terhadap piranti lunak open source. Ini adalah sebuah kemunduran atau barangkali sebuah wujud kemunafikan. Bung toh tutup mata dan tidak ambil tindakan saat perusahaan bung membantu tirani otoriter Tunisia untuk memata-matai masyarakatnya sendiri.

Barangkali bung Gates perlu mengingat bagaimana pada awal mula karir Anda bung begitu getol membangun sistem operasi komputer yang bertanggung jawab. Pada 3 Februari 1976 Anda menulis surat terbuka kepada para Hobbyist, Anda murka dan menuduh para penggemar komputer tadi menikmati sistem dengan mencuri. Anda bercerita tentang betapa Anda mesti bekerja keras dan hidup dari royalti yang sedikit untuk mengembangkan piranti lunak yang hari ini telah menjadi raksasa teknologi terbesar di dunia.

Tapi saat ini Anda melakukan hal serupa dengan para pencuri tadi. Anda yang membenci orang-orang pengguna sistem gratisan memaksa pemerintah untuk memberlakukancybercrime guna merepresi pegiat teknologi internet. Perusahaan yang Anda bangun itu lantas memberikan pemerintah korup dan keji tadi pelatihan teknologi. Pendidikan untuk memerangi kebebasan berekspresi mereka dan kemandirian mereka. Sebagai balasannya? Mereka akan menghentikan pengembangan program gratis progresif open source dan mewajibkan seluruh jajaran pemerintah menggunakan sistem operasi milik Anda.

Bagi saya Bung Gates tak lebih baik daripada Kim Jong Un atau bahkan Stalin sekalian. Seorang kawan dahulu berkata bahwa ‚Äújika kau membenci Bill Gates sebagai seorang kapitalis maka cintailah dia sebagai filantropis,‚ÄĚ Tapi saya tahu ini mustahil, Bung adalah pendiri Microsoft yang telah banyak menjadi duri dalam daging bagi masyarakat yang ingin merdeka. Bung tentu tahu jika perusahaan yang bung bikin membantu membredel blog Zhao Jing, seorang blogger dan aktivis kemanusiaan yang kritis terhadap pemerintah Cina.

Perusahaan bung bisa saja tunduk dan patuh pada sebuah rezim karena perusahaan bung tak ingin rugi. Tapi tindakan Microsoft yang menutup blog Zhao Jing ada 30 Desember 2005 akan selamanya diingat oleh para aktivis internet. Bung telah membungkam suara kemanusiaan yang tidak ingin diam terhadap pemerintah yang membantai rakyatnya sendiri. Bung bukan filantropis sebagaimana bung disejajarkan bersama Oprah Winfrey atau Bono. Bung tak lebih baik daripada Polpot dan Soeharto yang keji.

Greatfire.org pada laman situsnya juga telah menunjukan betapa perusahaan Anda telah menjadi busuk. mesin pencari buatan Microsoft Bing melakukan sensor terhadap tema-tema tertentu di China. Situs-situs perjuangan kemanusiaan seperti freeweibo.com, Dalai Lama, Trageni Tiananmen dan perjuangan terhadap masyarakat Tibet dihilangkan. Menariknya perusahaan bung langsung memberikan bantahan melalui Reuters 12 Februari, sehari setelah greatfire merilis laporan itu. Tapi saya dan bung tahu ini sekedar tipu-tipu belaka.

Bukankah perusahaan bung sendiri mengakui bahwa dalam kebijakan resmi Bing mengatakan bahwa ‚ÄúBerdasarkan tanggung jawab legal yang diberikan oleh regulasi dan hukum negara China, kami telah menyingkirkan hasil spesifik terkait isu tersebut.‚ÄĚ Padahal perusahaan bung tergabung dalam Global Network Initiative, sebuah kelompok perusahaan, NGO, investor dan akademisi yang bekerja sama untuk kebebasan berekspresi, tapi toh perusahaan Anda melakukan sensor. Sekali lagi bopeng muka perusahaan bung terbuka.

Sebelumnya Amnesty Internasional pernah memulai sebuah inisiatif petisi via change.org meminta agar Bill Gates tidak membantu para penjahat kemanusiaan. Dalam petisi itu terdapat surat terbuka agar Bill Gates, dengan segala sumberdaya yang ia miliki, bisa membantu mengembangkan kebebasan berekspresi dan membantu advokasi isu HAM melalui teknologi informasi. Tapi toh sikap bung ternyata hanya dingin saja. Bung boleh berkilah sudah mundur dari Microsoft, tapi hal ini tak membuat bung punya inisiatif untuk membantu bukan?

Techdirt pada 13 September 2010 kembali membuka sosok asli perusahaan Anda bung Gates. Di Rusia, sebuah negara yang konon komunis, hak cipta digunakan untuk menghajar para oposisi pemerintah. Di Irkutsk РRusia, Baikal Enviromental Wave sebuah organisasi lingkungan menjadi korbannya. Organisasi yang memprotes kebijakan Vladimir Putin saat membuka kembali pabrik kertas penyebab polusi ini dianggap telah menyalahi hukum hak cipta. Mereka dibreidel dan ditangkap karena menggunakan piranti lunak bajakan milik Microsoft.

Marina Rikhvanova, wakil dari Baikal Wave, mengatakan bahwa ia dan organisasi mereka telah membeli secara legal piranti lunak asli milik Microsot. Lebih dari itu bung Gates tahu? Ia telah meminta perusahaan Anda untuk membantu advokasi lembaga mereka, tapi tentu saja perusahaan Anda membuang muka dan seolah tak peduli. Ketidak pedulian perusahaan bung sampai memancing The Moscow Helsinki Group, sebuah organisasi kemanusiaan di Rusia, mengirimkan surat kepada Microsoft tahun ini dan mengatakan bahwa perusahaan itu terlibat dalam penganiayaan terhadap aktivis masyarakat sipil di Rusia.

Clifford J levy, melalui New York Times, menunjukan hubungan mesra antara Microsoft dan Dinas Polisi Rahasia Rusia menggrebek dan merazia organisasi anti pemerintah. Mereka bekerja sama melacak dan menangkap setiap organisasi yang kedapatan menggunakan software bajakan, hukum didistorsi agar bisa mengekang kebebasan berpendapat. Sehingga pemerintah Rusia bisa berdalih bahwa penangkapan aktivis itu terkait pelanggaran mereka mencuri dan menggunakan piranti lunak bajakan, bukan karena sensor dan anti terhadap kritik.

Maka jangan salahkan saya bung Gates yang terhormat, jika kedatangan Anda kali ini ke negara kami adalah sebuah ancaman. Bukan tidak mungkin Anda melobi calon-calon pemimpin kami untuk berkongkalikong memberlakukan sensor kebebasan berekspresi lewat lisensi penggunaan pinati lunak Anda, seperti yang sudah Anda dan Microsoft lakukan di beberapa negara lain. Maklum, pemilu sudah dekat dan uang tak punya agama, tuan Gates.

Dan bila ini benar-benar terjadi, mungkin sudah saatnya kami say goodbye pada piranti lunak Anda, mulai membangun kultur teknologi yang sehat dan menjadikan open sourcesebagai mainstream baru di negara ini.

Sang Penulis

Sang Penulis

Penulis lepas. Pernah mendapat beasiswa Pantau tahun 2009. Kini tengah berusaha melunasi cicilan KPR-nya

 

 

bersumber dari : http://jakartabeat.net/kolom/konten/untuk-bill-gates

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s