[How To] Update Post Otomatis dengan RSS Multi Importer

Standard

Assalamu’alaikum

Berawal dari dipercayakannya saya mengelola web toko online oleh teman (cieee) . Awalnya saya pikir mudah, tapi ternyata butuh waktu dan pikiran juga, terutama mengupdate kontennya. Dari pada saya capek mengupdate blog (jangan ditiru ya) saya coba siasati pakai plugin saja. Akhirnya saya bertemu dengan plugin yang cocok, yaitu RSS Multi Importer  

Untuk diketahui, web yang saya kelola ini menggunakan CMS WordPress. Jadi tutorial ini khusus bagi anda yang memiliki web dengan engine CMS WordPress. Ok, langsung saja ya.

Pertama, pastikan anda telah login sebagai admin, sehingga mudah dalam melakukan penambahan plugin. Klik Menu Plugins pada samping kiri jendela admin web anda, arahkan lalu klik Add New. 

Menu Plugins

Menu Plugins

Kedua, ketikkan RSS Multi Importer pada kolom Search, lalu klik Search Plugins. Selang beberapa saat, akan tampil hasil pencarian anda

RSS Multi Importer

RSS Multi Importer

Ketiga, setelah hasil pencarian anda tampil seperti dibawah ini, lanjutkan dengan mengklik Install Now, dan jangan lupa, klik OK. Karena kebetulan saya sudah menginstall dan telah mengaktifkannya juga, jadi kata Install Now pada screen shot sudah bertukar menjadi Installed

Install Now

Install Now

Konfirmasi OK

Konfirmasi OK

Keempat, selang berapa saat, plugin sudah terinstall. Langsung klik Active Plugin untuk mengaktifkan plugin

Active Plugin

Active Plugin

Kelima, arahkan cursor ke Settings dan pilih RSS Multi Importer 

Klik Settings -> RSS Multi Importer

Klik Settings -> RSS Multi Importer

Maka seketika akan tampil halaman berikut ini :

WP RSS Multi-Importer Options

WP RSS Multi-Importer Options

Keenam, pada bagian ini, yang perlu anda perhatikan adalah, pastikan anda telh memiliki alamat feed yang aktif sehingga bisa didaftarkan pada plugin RSS Multi Importer ini. Jika anda masih bingung mencari alamat feed, saya ada nih koleksi feed dari pak Sofyanhadi :

http://sofyanhadi.wordpress.com/rss-feed/

klik menu Feed pada jendela yang tampil, kemudian lihat pada bagian bawah.

Menu Feeds

Menu Feeds

Disana terdapat tombol Add a New Feed berwarna hijau.

Add a New Feed

Add a New Feed

Klik tombol tersebut, lalu ketikkan nama feed di kolom Feed Name dan alamat feed pada kolom Feed URL yang telah anda pilih di blog pak Sofyanhadi tadi.

Isi kolom Feed Name dan Feed URL

Isi kolom Feed Name dan Feed URL

sebagai contoh :

Contoh kolom yg terisi

Contoh kolom yg terisi

dan terakhir, klik Save Settings 

Ketujuh, scroll lagi halaman yang sama ke atas, dan pilih menu Categories 

Menu Categories

Menu Categories

silahkan isi kategori sesuai dengan feed yang anda masukkan.

Kategori Feed

Kategori Feed

Jika anda telah mengetikkannya, silahkan simpan settingan tersebut dengan mengklik Save Settings. Disana akan terlihat kode script yang dihasilkan dari setelah anda menyimpan kategori.

 [wp_rss_multi_importer category="1"]

Kedelapan, kembali ke menu Feeds , lihat pada kolom yang kita isi tadi, disampingnya ada kolom Category. Pilih salah satu kategori feeds yang sesuai

Pilih Category

Pilih Category

Jangan lupa, akhiri dengan mengklik tombol Save Settings

Kesembilan, sampai disini, anda sebenarnya sudah bisa dikatakan cukup melakukan settingan. Walaupun masih banyak settingan yang lain (sebenarnya lagi males aja). Sekarang tinggal bagaimana caranya anda menampilkan posting yang bersumber dari feeds ke halaman depan web.

Caranya sangat mudah, pastikan apakah anda memilih halaman pages atau posts sebagai media menampilkan berita anda. Saran saya sih pages aja, karena saya pakai page sih😀 (nggak alasan tauu)

Beralih ke menu Pages, Menu Pages –> Add New

Add New Page

Add New Page

buatlah sebuah halaman baru dengan judul sesuka anda. Saran saya, masih berbau Update atau New Blog gitu judulnya.

Halaman News Update

Halaman News Update

dan paste kan kode script yang saya sebut diatas ke media ketik yang ada. Rubah dulu mode pengetikkan nya dari Visual menjadi Text yang terdapat pada tab yang ada.

Akhiri dengan menyimpan halaman dengan mengklik tombol Update 

Tombol Update

Tombol Update

Kesepuluh, sekarang tinggal menampilkan berita dari feed ke halaman depan. Caranya, klik menu Settings , lalu klik Reading 

Klik Menu Settings --> Reading

Klik Menu Settings –> Reading

maka tampillah jendela berikut :

Halaman Reading

Halaman Reading

atur point Front page displays ke A static page

Atur Front page displays

Atur Front page displays

dan pada Post page nya, pilih judul halaman yang anda buat barusan. Sedangkan untuk Front page, boleh sama dengan Post page dan boleh juga tidak. Akhiri settingan dengan menyimpan pengaturan yang sudah anda buat dengan meng klik Save Changes

Tombol Save Changes

Tombol Save Changes

Sekarang, silahkan lihat halaman web anda :

Halaman depan web

Halaman depan web

Feed menjadi Post

Feed menjadi Post

Sekarang anda tidak perlu mimikirkan update tulisan lagi di web atau blog. Selamat mencoba, semoga bermanfaat😀

Wassalam

NB : Tulisan ini ditujukan buat anda yang malas meng-update konten web :p

2 thoughts on “[How To] Update Post Otomatis dengan RSS Multi Importer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s