[Hikmah] 4 Ramadhan 1434 H

Standard

Assalamu’alaikum

Semalam sampai subuh tadi, saya tidak bisa update blog, karena paket data modem yang sudah habis. Maklum masih pakai cekakan, yang penting bermanfaat bagi umat (gayanya pas bulan Ramadhan).

Bertepatan 4 Ramadhan 1434 H dengan hari Jum’at, dengan seksama saya mendengarkan khutbah khatib saat itu. Intinya kurang lebih begini,

jika saja Allah membuka rahasia kapan manusia itu akan mati, pastilah ia akan segera bertaubat dan memohon ampun kesalahannya sampai merasa segala keasalahannya telah dihapus oleh Allah.

Ini sama halnya dengan cerita yang pernah saya dengar sewaktu selesai sholat Zuhur di Masjid komplek rumah. Saat itu tidak satupun orang yang adzan di Masjid padahal waktu sholat Zuhur telah masuk. Ini bukan kejadian pertama yang saya alami. Sehingga pada saat itu saya merasa, adzan adalah tanggung jawab muadzin atau garin Masjid. Padahal ada puluhan kepala keluarga yang beragama Islam tinggal dikomplek itu.

Selesai sholat, saya membuka cerita ke salah seorang jama’ah yang kami tuakan tentang kondisi yang terjadi saat itu. Dan mulailah dia bercerita.

Jika saja di Masjid ini diadakan bazar sembako murah, pastilah semua orang akan berbondong – bondong membelinya. Tapi saat ini apa yang terjadi. Allah yang telah terang-terangan berjanji akan melipat gandakan pahala setiap orang yang mengerjakan sholat berjama’ah, tapi karena pahala itu tidak ditampakkan oleh Allah kepada manusia, sehingga manusia jadi tidak bersemangat sholat ke Masjid

Wassalam

Leave a Reply

