[Hikmah] 1 Ramadhan 1434 H

Standard

Assalamu’alaikum

Tanggal 9 juli kemarin saya sudah mulai berpuasa. Saya berharap puasa tahun ini dapat memberikan hikmah dalam hidup. Oleh sebab itu puasa kali ini harus beda.

Terinspirasi dari ungkapan “Ambilah hikmah dalam setiap kehidupan” maka saya mencoba berbagi hikmah dari aktifitas 1 Ramadhan kemarin. Ada 2 hikmah yang dapat saya petik, berikut rinciannya.

1. Banyak perbedaan dalam penetapan 1 Ramadhan tahun ini. Tidak tahun ini saja, tahun-tahun kemarin juga. Sehingga muncullah ungkapan “Perbedaan dalam penetapan 1 Ramadhan adalah indah” , maaf, menurut saya itu adalah “musibah”. Ini merupakan suatu tanda bahwa umat Islam didunia ini merindukan satu sosok pemimpin. Kita bisa melihat, umat Islam sudah terkotak-kotak dengan konsep Negara. Perbedaan negara, beda pemimpin, beda pola pikir tapi sama visi, yaitu visi menghancurkan umat Islam. Sadarlah wahai saudaraku, tidakkah kamu melihat cara mereka menghancurkan kita ? Tidak dengan senjata, tidak pula dengan tank baja, tetapi dengan membedakan penetapan 1 Ramadhan.

2. Hikmah selanjutnya ialah bulan Ramadhan juga memberikam berkah untuk pedagang dipasar. Semoga dengan tingginya harga bahan dapur dipasar dapat membantu para pedagang selama bulan Ramadhan sampai lebaran nanti. Sebaiknya kita berbaik sangka, dengan harga tinggi, maka besar pula keuntungan yang mereka dapatkan. Dari pengalaman berbelanja dipasar itu dapat memberikan saya pelajaran yaitu jika saya telah berkeluarga nanti maka saya harus menyediakan uang belanja lebih banyak dari biasanya untuk diberikan kepada istri. Karena bukan apa-apa, harga kebutuhan bahan pokok sewaktu bulan Ramadhan memang mahal🙂

Semoga hikmah 1 Ramadhan saya kali ini juga berguna bagi anda.

Wassalam

Leave a Reply

