Berkarya dalam keterbatasan

Standard

Assalamu’alaikum, 

Sebelum ide ini hilang, lebih baik saya tulis dari sekarang. Mungkin beberapa dari anda yang membaca judul tulisan diatas, ada yang berdecap kagum. Dan mungkin juga ada yang telah membuktikannya. Sebenarnya ini dilatarbelakangi dari kisah klasik, dimana tidak mau berkarya alias malas, karena tidak ada sarana penunjang. Dan kondisi itu itu harus didobrak.

Sekarang saya lagi jatuh cinta dengan perangkat bernama Router. Bagi yang belum tahu router, silahkan Googling di Yahoo ya🙂. Router yang saya beli, saya percayai punya kemampuan lebih dan daya jual tinggi. Dan bagi saya, ini bisa jadi solusi bagi setiap orang atau komunitas yang sangat terkendala dengan koneksi internet. Ya, benar, buat anda yang bisa menebak bahwa Router saya ini menggunakan perangkat lunak Linux bernama OpenWRT. Sekali lagi Googling di Yahoo ya😀

Dimana letak keterbatasannya ? FYI, saya sudah 3 kali ganti router karena salah dalam mengupdate firmware. Konsekuensinya, kalau Router ini sudah diobok-obok isi dalamnya, maka garansinya hangus. Tapi, alhamdulillah, saya masih dapat menggantinya ditoko tempat saya membeli. Hehe,,,maaf ya ko. Semua itu akibat dari kekurangan saya dalam mencari informasi. Tapi tidak masalah, ini membuat saya jadi belajar, dan bisa membaginya dengan teman-teman yang punya produk sama dengan Router saya.

Disaat ingin mencoba sebuah tutorial baru, kendala kembali saya temukan. Kalau USB Hub yang saya gunakan, tidak mensupport untuk kebutuhan maksimal perangkat tambahan. Saya harus sabar dulu, kumpulin uang untuk beli perangkat yang mumpuni. Semoga kekurangan ini bisa mendatangkan rezeki baru lagi ya🙂

Wassalam

4 thoughts on “Berkarya dalam keterbatasan

  1. setidaknya ini bikin ang berpikir, ga semudah bacot klo #linux itu mudah.
    ternyata…oh ternyata…bukan nya di oprek, malah dituker sampe 3 kali….ck…ck…ck…ck
    ternyata mental remastering hanya sampe disini toh ….
    untung belum disibukan dengan daemon, Lkm or other with linux kernel..

    • Wah,,,Anti Plug nyimak blog saya juga ya🙂

      Linux itu mudah kok, semudah membalik telapak tangan,
      sedangkan yang saya bahas itu OS Linux untuk Router,
      memang tidak semudah OS Linux untuk desktop,

      Kalau soal 3 kali tuker,
      itu karena saya nggak ada sumber dayanya,
      terutama sumber daya alatnya,

  2. tuh kan…ck…ck…ck…..
    heran gw, Klo udah ngomong LINUX itu mudah, anda harus bisa menguasai semua jenis linux yg ada, bukan membagi linux yg mana saja.
    klo ngomong LINUX, artian nya luas, ga sebatas ke desktop saja.

    ck…ck…ck…sombong mode iko yg buek muak dari dulu….
    Klo memang mudah, kenapa ga debrick Router nya, kenapa harus di tuker sampe 3x.
    ga tau jual kabel DKU5?
    Bias Ponsel, Bukit Cell Ulak Karang, rata2 grosiran hape itu menyediakan kabel DKU5 yg biasa dipake buat kabel data nokia..ck..ck..ck
    Masih paniang, banyak jasa online di kaskus yg jual kabel DKU5, atw bisa cari PL2303HX

    Iya, linux itu emg mudah, mudah buat di resmatering, ganti icon, ganti bahasa,
    ga abis pikir gw….ck…ck…ck , klo kaya gini udah sombong, gimana klo udah nguasai patch kernel, forking kernel, writing daemon sampe bloated code, ga bakal kebayang gw gimana sombong nya elu…

    • Kebetulan sekali, kayaknya Anti Plug paham dengan segala jenis dan pernak-pernik Linux,
      sekalian saja kita belajar bersama,
      ilmu saya juga masih cetek,
      baru sebatas mengajak orang menggunakan Linux,
      dan saling berbagi kemudahannya,

      Dan maaf kalau Anti Plug mengira saya sombong,
      kalau bisa kita bisa saling kerjasama,
      berbagi ilmu tentang Linux dan FOSS,
      bagaimana ?

      On iya, sampai lupa, terimakasih ya info tempat penjualan kabel DKU5 nya,
      kapan2 saya sempatkan kesana, jika router saya mesti di debrick🙂

Leave a Reply

