Harus Adil

Standard

Assalamu’alaikum


Berbuat adil itu memang susah. Terutama saya. Adil dalam menentukan nilai hasil sebuah Ujian Kompetensi (I & II) . Bagaimana caranya anda harus mengimbangkan dalam menguji peserta ujian antara  yang mampu menyelesaikan soal dalam waktu singkat, sementara sukar dalam menganalisa, dengan peserta yang lama dalam mengerjakan tetapi kuat dalam teori.

Akhirnya saya mencoba menguji kemampuan dasar mereka masing-masing. Baik teori maupun analisa. Beberapa dari peserta ujian tidak menguasai apa yang mereka kerjakan. Mereka lebih seperti text book. Oleh sebab itu, saya coba memotifasi mereka, sekaligus mencoba membuka wacana bahwa mereka harus lebih banyak menambah khasanah ilmunya (Nyindir diri sendiri nih)

Bukan itu saja, diharapkan kalau bisa dari dunia industri dan usaha juga diberikan kesempatan untuk bersama menyusun kurikulum yang bisa diterapkan nantinya didunia pendidikan kejuruan. Untuk saat ini, sudah ada beberapa sekolah yang berwacana melakukan hal tersebut. Semoga bisa terwujud ditahun yang akan datang.

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s