Bisa karena terbiasa

Standard

 

Assalamu’alaikum,

Pada hari minggu yang lewat, saya ke kantor salah satu klien. Seperti biasa, perjumpaan diawali dengan saling berucap salam, dan jabat tangan. Tujuan kedatangan saya untuk menambah konten halaman web yang kami buatkan. Disana sudah tersedia laptop ber OS Windows 7 yang terhubung projector. Tapi yang jadi kendala adalah koneksi Internet ngadat alias tidak lancar bahkan sering tidak terhubung. Padahala masih dalam satu kantor lho.

Berbagai macam cara pun dicoba, mulai dari menggunakan modem yang berisikan kartu provider 3. Ternyata tidak terhubung, kemungkinan paket kuota nya yang sudah habis kali ya. Tetapi, hal yang berbeda terjadi pada laptop saya. Dengan mudahnya laptop ini terhubung ke jaringan wireless, dan tidak sering putus. Merasa adanya kemudahan yang saya alami, salah seorang staff kantor yang memperhatikan pekerjaan saya pada saat itu bilang, “Awak sabananyo suko pakai Linux ma, tapi terminal ko ndak ngarati. Cubo kok ngarati, bisa lo wak ma“, terjemahan “Saya sebenarnya suka pakai Linux, tapi tidak mengenerti menggunakan Terminal. Andai saja mengerti, saya pasti bisa“. Saya pun menjawab, “Bisa pun karena terbiasa pak. Memangnya bapak pertama kali  pakai Linux apa ?” dan staff tersebut menjawab “BackTrack” .

Akhirnya saya bisa memberi masukan, kalau bisa, bagi pengguna Linux pemula, usahakan menggunakan Linux yang sudah lengkap dependencies aplikasi dan codec untuk multimedia nya. Semoga jadi pelajaran.

Wasssalam

 

Leave a Reply

