Cerita FOSS dari Dharmasraya

Standard

Assalamu’alaikum, 

Akhirnya saya punya kesempatan mengisis blog ini. Setelah beberapa hari yang lalu saya sangat disibukkan menyusun materi presentasi kemudian berangkat menuju Dharmasraya untuk memberikan materi tentang sosialisasi FOSS. Awalnya saya berpikir bahwa peserta yang nanti akan saya berikan materi adalah para kepala SKPD atau pegawai negeri. Karena saya membaca surat yang dikirimkan oleh Dishubkominfo ke KPLI Padang bahwa mereka meminta utusan sebagai pemateri untuk hadir dikegiatan yang diadakan. Saya lumrah saja menilai begitu. Maka saya cobalah menyusun materi. Berdasarkan beberapa referensi, bahan presentasi saya akhirnya selesai juga.

Sesampai disana, saya bertemu dengan staff Dishubkominfo, buk Iin. Sembari menuju penginapan, saya tanya untuk memastikan siapa yang akan jadi peserta diacara sosialisasi besok. Ternyata para pesertanya adalah siswa se SMA Kab. Dharmasraya. Wah, padahal materi yang sudah saya buat kapasitasnya untuk pegawai. Alhasil, saya begadang lagi deh malam ini. Untung saja ada materi pak Rusmanto, direksi majalah INFO Linux. Dengan menambahkan sedikit pembahasan dari saya, tapi tetap menyebutkan siapa pemiliki bahan presentasi, akhirnya selesai juga.

Keesokkan hari, saya bertemu lagi dengan pak Lilik, yang juga pembicara diacara ini. Berprofesi sebagai dosen STMIK Dharmasraya, dan pengguna Linux, khusunya Linux Mint. Saya coba lagi diskusi tentang materi yang akan disampaikan. Akhirnya, saya tetap menyampaikan materi dari pak Rus, dan pak Lilik mendemokan install Distro Linux BIOS v.2 yang dibuat (baca:remaster) untuk kebutuhan migrasi pemko Bukittinggi  waktu akhir tahun 2011 dulu. Acara berjalan khidmat dan lanjar. Antusias peserta tinggi untuk ingin tahu lebih banyak tentang Linux. Walaupun belum semua mengenal dan mencoba OS Linux. Untuk menyemangati agar teman-teman lebih mempelajari FOSS dan Linux, saya berikan sebuah flash disk berisi Live USB Distro Linux BIOS v.2 yang didemokan tadi kepada peserta, dengan syarat, bisa menjawab pertanyaan seputar materi yang disampaikan. Dan pertanyaannya pun bukan yang mudah-mudah tentunya. Tapi hanya 1 orang yang beruntung. Dan inilah foto-foto nya :

Spanduk

Pak Lilik Suheri

Pak Lilik Suheri

Screen Shoot Live USB Distro Linux Bios v.2

Screen Shoot Live USB Distro Linux Bios v.2

Yang mendapatkan Live USB Distro Linux Bios

Yang mendapatkan Live USB Distro Linux Bios

Wassalam

Leave a Reply

