Kantor ? Perlukah ?

Standard

Assalamu’alaikum

Kantor adalah kebutuhan utama sebuah perusahaan sesudah Modal (mungkin). Tapi itu hanya cocok diterapkan untuk perusahaan yang sudah memiliki banyak karyawan. Sedangkan perusahaan start up, kantor adalah kebutuhan sampingan. Punya kantor bagus, tidak punya kantor juga tidak apa-apa. Karena perusahaan start up tidak punya karyawan sebanyak Pertamina. Terkadang direktur utama pun merangkap sebagai sales (Ehem). Yang sangat diperlukan oleh perusahaan start up adalah loyalitas para founder dan kretifitas produk atau jasa yang ditawarkan.

Beberapa anak muda yang memiliki hobi sama dalam hal coding dan web programming mendirikan sebuah CV, coba menawarkan jasa pembuatan web profesional. Padahal jika dilihat, begitu banyak saat ini kompetitor mereka yang sudah menawarkan jasa yang sama, bahkan sudah dikenal. Nah, bagaimana cara mereka bisa bertahan ? Belum lagi soal harga dan seberapa banyak portofolio yang dimiliki. Kalau sudah seperti ini, jika tidak segera banting stir (baca: the power of kepepet), bisa-bisa belum start, jadi down, bukan up. Kapan waktu mikirin punya kantornya.

Untuk sementara, kantor bisa diatasi dengan paviliun rumah teman. Kantor difungsikan sebagai tempat meeting jika ada yang perlu dibahas. Itu pun yang benar-benar perlu pembahasan matang. Disarankan kalau bisa dibahas online, ya online saja. Mungkin bisa memanfaatkan layanan internet publik, seperti wifi gratis. Tapi yang pasti, ada yang jaga kantor. Bisa saja minta tolong kepada pemiliki rumah, jika ada yang telpon, jawab dengan SOP resepsionis🙂. Hehe.

Sangat diharapkan, semua atau beberapa founder juga bertindak sebagai sales. Menawarkan paket jasa ke calon klien. Jangan lupa, sebelum berperang, siapkan senjata, seperti kartu nama, proposal, dan yang pasti kegesitan setiap kali ditanya, apalagi kalau harga kita ditawar. Jangan mudah menunjukkan mimik wajah gembira ketika calon klien menyatakan bersedia, bisa jadi, besok dia bertukar pikiran (ini yang parah). Oleh sebab itu, kenali dulu calon klien kita. Wah, jadi kemana-mana nih pembahasan saya, sekian dulu ya🙂

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s