Susan

Standard

Assalamu’alaikum

Tahu Boneka Susan kan ? Punyanya kak Ria Enes. Ada yang menarik dari sosok Susan dan Ria Enes. Setelah sekian tahun mereka menghibur pemirsa, tidak ada yang berubah dari karakter keduanya. Susan misalnya, walaupun yang ngomong itu kak Ria, tapi suaranya dan leluconnya, tidak ada yang berubah. Padahal sudah puluhan tahun lho. Lalu, candaannya Susan yang ringan, kadang membuat kita merasa geli mendengarnya. Dan disetiap candaan susan, pasti ada nasehat dari kak Ria.

Saya merasa tertarik menulis tentang Susan dan Kak Ria ini karena mereka termasuk idola saya sewaktu kecil. Walaupun usia sudah bertambah, Susan yang karakternya dimainkan oleh Kan Ria, tidak ada yang berubah. Menurut penglihatan saya. Kalau diterapkan pada bisnis, ini adalah kefokusan dari produk dan jasa yang ditawarkan. Memang sih tidak mudah dan tidak segampang itu saja menyamakannya, karena perbedaan target pemasaran. Kalau Susan menghibur, kalau produk dan jasa mempermudah kinerja. Tapi semuanya pasti melewati try and error, dimana mungkin kak Ria sealalu meningkatkan kemampuan komunikasi Susan agar penonton semakain mudah menikmati candaannya, sementara dibisnis, perusahaan selalu berusaha mendengar dan memahami kebutuhan klien sehingga mudah diterapkan pada produk dan jasa. Ada yang menarik disaat saya mencoba menawarkan jasa kepada calon klien, dari beberapa yang saya tawarkan berdasarkan kebutuhan mereka, ternyata disaat presentasi, malah bentuk jasa lain yang mereka ingin tahu. Kadang mereka yang menyampaikan langsung apa saja yang mereka benar-benar butuh saat ini. Kalau sudah kayak gini, saya senyum-senyum saja. Kebutuhan anda, produk bagi kami.

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s