Terlalu banyak meminta, buktikan dulu dong !

Standard

Assalamu’alaikum

Hari ini saya mendapatkan sesuatu yang berharga. Walaupun momennya sangat mengharu biru, tapi hikmah dibalik ceritanya membuat saya semakin sadar. Kita secara teori sering kali berusaha lalu berdoa kepada Tuhan untuk memohon apa yang sudah kita usahakan diberi keberkehan oleh Nya. Dan sering kali kita berjanji kepada Nya, jika suatu saat permohonan kita menjadi kenyataan, maka ada sebuah ritual yang kita laksanakan sebagai bentuk penepatan janji tersebut, kalau dalam Islam disebut dengan Nazar. Contohnya, Jika saya lulus Ujian Nasional, maka saya berjanji (baca: ber Nazar) akan melaksanakan puasa selama satu minggu. Pernah dengar kan ? atau pernah melakukan ? saya pernah🙂 Tapi pernahkah, sebelum harapan kita diwujudkan oleh Nya, maka kita tunaikan dulu Nazar tersebut ?

Sering kali manusia memohon kepada Tuhan nya, untuk mengabulkan segala permohonannya itu dengan menjanjikan sebuah Nazar. Seolah-oleh ini terlalu menuntut kepada sang Pencipta. Terlihat sekali ke arogansian kita sebagai manusia. Apakah kita lupa, bahwa Dia lah yang Maha Kuasa. Bukankah kita diwajibkan yakin dan menyerahkan segala sesuatu kepada Nya ?   Jadilah manusia yang memohon tanpa pamrih, jangan terlalu menuntut. Semoga saja tulisan ini dapat merubah sikap anda kepada sang Pencipta, terutama saya sebagai penulis🙂

Wassalam

Leave a Reply

