Dinomor 2 kan

Standard

Assalamu’alaikum,

Kemarin saya menghadiri undangan acara wisuda paman yang diadakan di Hall Hotel Pangeran, beliau mengukuhkan gelas S2 nya disalah satu sekolah tinggi keuangan swasta yang ada di Padang. Walau schedule saya mesti diundur, tapi saya puas menghadiri acaranya. Kepuasan yang saya dapat dari waktu pelaksanaan pelaksanaan yang tepat waktu. Jarang-jarang saya bisa menghadiri acara besar di Padang yang panitianya On Time🙂

Sewaktu mendengar kata sambutan oleh Direktur Magister Manajemen, saya meresa ada yang janggal. Seolah-olah menjadi wirausaha itu dinomor duakan. Jadi gini, dalam kata sambutan tersebut, direktur menyebutkan kira-kira seperti ini,

“setelah lulus nanti, semua ditentukan oleh anda (baca: Mahasiswa yang diwisuda), apakah ingin jadi karyawan, wirausaha, atau peneliti”

Kenapa profesi wirausaha dinomor 2 kan ? Apa salah jika diletakkan dinomor 1 ?

Itulah cara pikir konfesional menurut saya, orang-orang itu sudah merasa nyaman dengan profesinya sebagai pegawai negeri / karyawan, sampai-sampai terbawa-bawa ke pola pikir. Bukankah tamatan intitusi perguruan tinggi itu diharapkan bisa membuka lapangan kerja baru ?

Sang Direktur mengharapkan mahasiswanya jadi pengusaha, tapi apakah institusinya sendiri sudah mendidik sang mahasiswa jadi pengusaha ? Mengharapkan mahasiswa jadi pengusaha, institusi haruslah memberikan pancingan dengan membuka kuliah umum wirausaha lalu memberikan modal untuk memulai usaha mereka.

Saya harapkan, jika ada dosen atau mahasiswa dari sebuah institusi mana saja, yang baca tulisan ini,  tolong sampaikan ke rektor atau direktur kampus nya, bahwa jika ingin menyampaikan pilihan profesi pada saat penyampaian pidato wisuda, cobalah mengganti urutan yaitu pagawai negeri atau karyawan diposisi ke dua, dan pengusaha diposisi pertama.

Bagi yang melaksanakan, saya ucapkan terimakasih dengan sangat ya🙂

Wassalam

 

Leave a Reply

