Sedikit kecewa tapi harus membenarkannya

Standard

Assalamu’alaikum, 

Vario 125 CC

Vario 125 CC

Siang tadi saya ke bengkel Honda, mengenai keluhan motor Vario pasca service  pertama. Yang saya keluhkan adalah, kenapa bunyi ngorok/ bunyi dengkuran (baca: ini istilah teknisi untuk suara saring hawa motor Vario 125) makin keras saja pasca service. Sebenarnya diawal setelah service, saya juga merasakannya, tetapi tidak menganggap itu sebagai masalah. Ini menjadi masalah ketika sudah 2 orang mengnyatakan komentar yang sama tentang suara motor saya.

Niat saya datang service bukan komplain sih, tapi ingin dengar penjelasan saja dari teknisi Honda soal bunyi dengkuran yang keras itu. Takutnya itu masalah besar jadi nanti. Dan dari hasil uji coba ulang oleh teknisi Honda itu, disampaikanlah kepada saya :

Pernyataan pertama,  ternyata itu bunyi saringan hawa motor, yang letaknya diatas mesin motor. Karena motor saya CC nya lebih besar, 125 CC, jadi wajar bunyi saring hawanya juga besar. Dan juga bunyi itu masih dalam keadaan standar pabrik. Lha, tidak bisa gitu dong.

Pernyataan yang kedua, kemungkinan itu disababkan oleh bahan bakar. Karena yang diminta adalah bahan bakar dengan nilai Oktan diatas 88, dalam hal ini adalah Premium atau Bensin, tapi jika lebih tinggi nilai oktannya, maka akan lebih baik. Bisa dibilang, si teknisi menganjurkan saya pakai Pertamax. 

Pernyataan Ketiga, semuanya penjelasan teknis yang tidak saya ketahui. Diakhir penjelasan, si teknisi menyampaikan, “Abang masih punya jatah service selanjutnya, jadi di service selanjutnya saja diperbaiki jika masih bermasalh”. Itu sama saja tidak menyelesaikan masalah.

Akhirnya saya harus mengikhlaskan dengan cara membenarkan apa yang disampaikan oleh teknisi tersebut. Karena salah satu cara menganggap benar orang lain adalah membenarkan apa yang disampaikannya (jadi ingat iklan Pak Mario Teguh🙂 )

Wassalam

3 thoughts on “Sedikit kecewa tapi harus membenarkannya

  1. pengajhuan pengapian yg terlalu cpet dngan kompresi yg lbh tnggi dr vario lama sistem magnet yg ganda fungsi dan triger pickup yang berbeda pada magnet ini yg membikin beda dngan spacy injecsi/////////////////solusi :rubah system pngapian ato sedikit menurunkan perbandingan kompresi lewat piston ato perpak/gasket

Leave a Reply

