Saya orang Minang

Standard

Assalamu’alaikum,

Saya heran saja dengan gaya pergaulan para netters sewaktu diskusi di group atau forum. Terutama grup fb komunitas yang anggotanya  berdomisili di Kota Padang. Padang dikenal sebagai bumi Minangkabau yang seharusnya kental dengan budaya minang seperti tutur bahasanya. Tetapi lain halnya jika saya temui di grup fb. Mereka cendrung menyapa satu sama lain dengan panggilan “Mas” dan “Om”. Kenapa tidak menyapa dengan sapaan “Uda” atau “Dunsanak” ya ?.

Tidak sampai disitu saja, dipergaulan nyata pun saya melihat kondisi yang sama. Sekarang ini cendrung pelayan toko menyapa pelanggan atau pengunjung dengan sebutan “Mas”. Jadi ketawa sendiri saya🙂. Kalau saya memilih, ketika berinteraksi didunia maya, saya sering melihat info tentang orang tersebut terlebih dahulu. Jika yang dimaksud dari luar daerah Minang, atau dari Jawa sekalipun, barulah saya sapa mas, atau paling hormat jika saya tidak tahu sama sekali tentang lawan chatting saya, maka saya panggil “bapak”.

Siapa lagi yang akan mewarisi budaya minang ini dunsanak ? Jika bukan kita, Urang Minangkabau 

Wassalam

2 thoughts on “Saya orang Minang

  1. Yah memang menurut saya itu hal kecil yang mungkin sangat berarti dalam kelangsungan suatu budaya. Tapi apa daya. Zaman terus berkembang, manusia ber evolusi seiring dengannya. Hal tersebut tidak akan bisa terelakkan. Tapi yang paling penting adalah bagaimana diri kita sendiri bisa konsisten dengan padangan kita sendiri. Jangan sampai terlalu memikirkan keadaan diluar, sampai2 kita lupa dengan diri kita sendiri dan bahkan berubah. Insya Allah dengan konsistensi diri kita sendiri, yang lain akan mengikuti dengan sendirinya. Terlalu jauh? Hehe mgkn😀
    Cheers.. Salam dr Jakarta

Leave a Reply

