[Ubuntu] Somethings to Do Before Install Ubuntu 12.04 LTS

Standard

Assalamu’alaikum,

“10 things to do after installing ubuntu 12.04”

Kalau postingannya tentang gituan sih sudah biasa, tapi sesekali postingannya tentang somethings to do before install ubuntu 12.04, bagaimana ya ? Sebelumnya ini adalah pengalaman saya sebelum install Distro Linux terbaru, jadi maaf jika belum sesempurna yang teman2 lakukan.

Langkah-langkah yang saya lakukan sebelum install Ubuntu terbaru adalah :

1. Backup Bookmark Browser.

Jangan sepelekan bookmark yang selama ini anda simpan. Nggak kebayangkan jika hilang begitu saja sewaktu anda telah selesai menginstall Ubuntu 12.04. Bayangkan saja betapa susahnya mendapatkan kembali ilmu yang sudah anda Ctrl+D. Untuk Firefox, caranya bisa dilihat dipostingan saya sebelumnya disini, dan untuk Google Chrome, caranya mudah kok, Klik gambar kunci pas disudut kanan atas browser anda, lalu klik gambar seperti screen shoot.

Chrome Bookmark

Chrome Bookmark

Maka akan terbuka tab baru, lalu klik Organize, dan pilih Export Bookmark to HTML File (seperti screen shoot)

Chrome Bookmark

Chrome Bookmark

terakhir tentukan nama filenya. Sekarang, tinggal bagaimana cara Importnya ? Ya kebalikan export dongšŸ™‚

2. Backup Aplikasi yang pernah di Install

Ini agak sedikitĀ teknis Ā sih, bagi anda yang sering install aplikasi via repository online, bisa saja mem backup file hasil instalasi dengan cara gunakan aplikasi APTonCD. Dari nama aplikasinya saja sudah bisa ditebak, APT on CD, file-file di directory APT (tempat penyimpanan hasil install jika menggunakan repository) disimpan kedalam CD. Caranya, install dulu APTonCD (sudo apt-get isntall …)Ā , lalu aktifkan APTonCD, jika ingin membackup, klik Create, lalu Burn. Pilih saja media nya, apakah CD atau DVD (tergantung banyaknya data yang akan dibackup). Nanti jika sudah terinstall Ubuntu 12.04, bisa digunakan lagi aplikasi yang pernah kita download tersebut. Dengan cara mendaftarkan alamat DVD hasil backup an, ke daftar repository Ubuntu kita

3. Backup file di directory /opt/

Ini dia, bagi anda pakai XAMPP for Linux dan suka ngoprek CMS atau lagi develop web, jangan lupa, backup isi folder /opt/ terlebih dahulu. Yang nggak pakai Xampp, jangan lupa ya, terutama database di Phpmyadmin.Ā 

4. Cek partisi sebelum Install

Gunanya agar kita tidak salah menempatkan system sewaktu proses install. Untuk diketahui, ada 3 system yang dipenuhi dalam menginstall Linux, yaitu / (baca:root), /home, swap. Yang jadi kendala sewaktu kita akan menginstall Ubuntu 12.04, adalah kita hanya mengenal partisi / dan swap saja. Sementara /home tidak terpikirkan, padahal /home adalah partisi penting dalam OS Linux, karena berfungsi tempat menyimpan dokumen selama bekerja, walaupun jika tidak dibuat, /home tetap ada di /. Tapi apa jadinya jika / sudah diformat ulang dan ditimpa dengan / yang baru ?. Repot jika backup dulu mah.

Makanya, sisakanlah partisi tersendiri untuk /home, tapi jika di distro Linux Ubuntu lama anda sudah ada/home , maka cek di terminal dengan cara ketik df -h. Setelah itu lihat partisi /home, kenali letaknya yaitu Ā terletak di /dev/ berapa. Jangan lupa, catat biar ingat. Lalu, pada saat install, ingat di /dev/ mana Ā tempat letaknyaĀ /home yang lama, lalu rubah settingannya dengan menjaga tipe partisi, misalnya partisi lama bertipe ext4, maka yang baru juga ext4Ā pula. Jangan lupa, jadikan partisi tersebut tetap sebagai /homeĀ dan yang paling penting, jangan di format.Ā Pada saat penamaan user untuk Ubuntu 12.04 yang baru, usahakan sama dengan yang lama sehingga letak serta isi /home lama dengan yang baru sama sekali tidak berubah.

Mungkin sekian dulu tips dari saya, selamat mencoba.

Bagi yang ingin memberi masukkan, silahkan tambahkan di komentar ya, nanti saya masukkan di postingan inišŸ™‚

Wassalam

 

2 thoughts on “[Ubuntu] Somethings to Do Before Install Ubuntu 12.04 LTS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s