[Ubuntu] ZIP pada Widget Cuaca di Aplikasi Screenlets

Standard

Assalamu’alaikum,

Setelah beberapa hari ini bingung dengan widget untuk menampilkan cuaca dari screenlets manager Ubuntu 11.10, akhirnya saya menemukan settingannya yang benar. Dulunya widget Cuaca saya menampilkan suhu kota Suwon, setelah di cek, ternyata Suwon adalah sebuah kota Korea Selatan. Karena defaultnya Widget Cuaca pada aplikasi Screenlets adalah Suwon. Jika belum tahu Screenlet, maka penampakannya seprti ini :

Screenlets

Screenlets 1

Screenlets

Screenlets 2

Maka caranya mengatasinya,  klik kanan widget yang menampilkan menu cuaca, lalu pilih properties.  Setelah tampil properties, arahkan mouse anda sehingga tampil seperti ini :

Screenlets

Screenlets 3

Screenlets 2

Screenlets 4

Sebelumnya saya dapati kode ZIP pada kolom ZIP yaitu : KSXX0025. Lalu saya cari di Google, ternyata kode ZIP KSXX0025 memang mengarah ke Kota Suwon, di Korea Selatan.

Screenlets 3

Screenlets 5

Dengan modal alamat web pada baris pertama di hasil pencarian Google itu, saya coba cari kode ZIP untuk Padang, Indonesia. Dan ketemu, ini alamat linknya.

http://weather.aol.com/forecast/todays/asia/indonesia/padang/id/idxx0035
 

Huruf yang saya cetak tebal adalah alamat ZIP untuk Padang, Indonesia. Silahkan copy, dan paste pada kolom ZIP di jendela Properties. Jangan lupa Apply dan Close. Dan cuaca pada widget pun berubah, menjadi 31 Celsius. Panasnya🙂

Wassalam  

One thought on “[Ubuntu] ZIP pada Widget Cuaca di Aplikasi Screenlets

Leave a Reply

