Langganan

Standard

Assalamu’alaikum

Sehabis Maghrib saya sempatkan ke tukang pangkas rambut langganan. Sesampai ditempat yang dimaksud, saya melihat tukang cukur langganan saya lagi mangkas rambut pelanggan lain. Sembari menunggu, saya coba menyibukkan diri dengan membaca surat kabar yang tersedia disana. Walaupun sudah kadaluarsa 2 hari, namun beritanya asyik disimak.

Sedang asyik-asyik nya membaca setiap detail berita, tiba-tiba salah seorang tukang pangkas menawari saya dicukur oleh dia. Saya tanpa ragu, langsung angguk, sambil menutup koran ditangan. Tapi saya pikir sesaat, kan saya sudah langganan dengan tukang cukur yang saat ini lagi melayani pelanggannya, kenapa saya iya kan ya ?

Mulai khawatir dalam hati. Saya coba sampaikan lagi ke tukang cukur yang menawari tadi, bahwa saya sudah janji akan dicukur oleh tukang cukur langganan saya. Dan dia pun mengerti. Tapi dihati saya, merasa hal tidak nyaman. Bercampur dengan kecewa juga, tambah lagi dosa. Dalam benak saya berpikir, saya tidak mau coba-coba dengan tukang cukur bukan langganan saya, karena takut hasilnya jelek, disisi lain, saya merasa si tukang cukur yang menawari saya itu pasti kecewa dalam hatinya, karena tiba-tiba saya batalkan tawarannya. Tambah lagi, ada pelangganan sesudah saya, masih dibangku tempat saya baca koran tadi, itu bela-belain nunggu selesai kepala saya dipangkas oleh tukang pangkas langganan saya itu.

Tapi pada saat rambut saya dipangkas, tukang cukur yang menawari tadi dapat pelanggan. Akhirnya persaan saya tenang, walaupun begitu, perasaan bersalah dan mengecewakan tukang pangkas itu masih ada. Maafkan saya ya tukang pangkas.

Wassalam

Leave a Reply

