Migrasi dan Remastering

Standard

Assalamu’alaikum

Tak terasa, lama tidak update blog ini. Kali ini ada cerita, saya dan rekan-rekan akan melanjutkan perjuangan yaitu memigrasikan komputer salah satu pemko di Prov. Sumatera Barat. Dulunya sich kegiatan ini sudah berjalan selama 2 minggu dan telah memigrasikan sebanyak 120 unit komputer dari 400 unit yang ditargetkan. Tetapi tersandung masalah kecil, kegiatan migrasi dialihkan menjadi pelatihan Linux dan OSS saja, lha?.

Di awal, saya bareng teman-teman komunitas telah membuatkan (baca: remaster) distro khusus digunakan di pemko tersebut. Tapi dikegiatan kali ini, pihak yang menangani migrasi, dalam hal ini skpd terkait, meminta lagi agar membuat distro untuk pelatihan. Alasannya, distro lama tampilannya kurang menarik, serta tidak se-glossy windows 7, lha?. Ini karena, diawal remastering, tim remaster fokus mengembangkan distro yang telah disetujui bersama (antara komunitas dan skpd yang punya gawe), yaitu Ubuntu 10.04 LTS. Sekarang, malah minta yang pake Unity, karena tampilannya lebih dari Windows 7. Saya juga bingung, ini migrasi atau remastering sich ?.

Kegiatan migrasi OSS itu bagi saya adalah kegiatan merubah keadaan dan kebiasaan suatu sistem operasi yang dulunya bajakan/ilegal/tidak berlisensi ke sistem operasi asli/legal/berlisensi. Boleh saja pakai Windows, asal windowsnya berlisensi. Jadi, apapun OS nya, asal legal, itu saja cukup. Nggak mesti remaster ini itu dulu. Nanti yang ada si pengguna malah bingung, “kok tiap kali pelatihan atau update sistem, tampilan OS nya berubah terus ya ?” niat awal bagus, ingin mengubah kebiasaan pengguna dari OS bajakan ke OS asli, eee ini malah menjadi boomerang bagi pemko sendiri. Bah !!!

Tapi nggak masalah, toh bisa nambah portfolio kok🙂 Weew

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s