Mahasiswa DILARANG jadi PNS :D

Standard

Assalamu’alaikum, 

JK : Mahasiswa Jangan Bercita-Cita Jadi PNS!

JK : Mahasiswa Jangan Bercita-Cita Jadi PNS!

Beberapa hari (atau mungkin bulan) yang lalu pernah saya membaca artikel super dari Pak JK, tentang Mahasiswa DILARANG jadi PNS. Kesimpulannya pak JK ingin menyatakan, bahwa setiap orang pasti bisa jadi pengusaha, asal rajin berusaha dan memperbanyak relasi (link) saja. Saya sendiri seorang alumni Universitas yang mencetak calon guru. Yang mau tak mau, lulusannya harus menjadi guru (apakah itu honor atau PNS). Dan beberapa dari teman seangkatan saya  yang memang sudah tampak ingin mengabdikan dirinya sebagai pegawai negeri, sudah memulai karirnya dari guru honor. Menurut saya, seorang mahasiswa itu akan menjadi PNS atau pengusaha itu  berdasarkan cara dia mengkuliahi kuliahnya. Biasanya itu memang dari cara pandang dan pengalaman mahasiswa saja. Ada mahasiswa yang hidup dilingkungan keluarga PNS (Ayah, Ibu, Tante dan Om semua PNS) maka, pola pikirnya setelah tamat harus jadi PNS. Ada juga paksaan keluarga yang tidak mau melihat anaknya sengsara diwaktu tua maka dengan memilih PNS, diwaktu tua atau pensiun nanti hidup anaknya akan terjamin dengan dana pensiun.

Berbanding terbalik dengan keadaan diatas. Terdapat segelintir mahasiswa yang mencoba berpikir Out of Box. Mereka mencoba membantah keadaan yang ada, bahwa tidak semua lulusan universitas itu harus jadi PNS, dan tidak dari PNS pula keuangan masa tua akan terjamin. Mereka mencoba membuat suatu usaha dari kemampuan yang mereka miliki, biasanya mahasiswa yang mulai merealisasikan jiwa bisnisnya, mereka membuat jasa percetakan foto untuk pendaftaran mahasiswa baru. Bentuk bisnis ini biasanya musiman, terutama musim pendaftaran mahasiswa. Dan ada pula yang memang serius memulai bisnis, dengan membuat sebuah Event Organizire. Jika kira-kira kampus mereka ingin mengadakan acara, maka mereka dengan sigap memasukkan tawaran perusahaannya sebagai EO yang menanggung semua kebutuhan kegiatan. Biasanya, mereka initelah berbentuk CV.

Dan Alhamdulillah, saya bersama rekan-rekan Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Padang, mempunyai gagasan yang sama untuk mendevelop sebuah perusahaan yang khusus bergerak dibidang jasa Teknologi Informasi bagian pengadaan Sistem Operasi berbasis Open Source. Itu semua berawal dari kegiatan KPLI sendiri, yaitu menunjuk saya bersama teman-teman kampus  menjadi instruktur beberapa pelatihan OSS dilingkungan Pemerintah Provinsi, dan khusus untuk guru TIK beberapa SMA se-kota Padang. Melihat OSS sangat menjanjikan kedepannya, dan optimis bahwa negara ini akan terbebas dari perangkat lunak ilegal dan proprietary maka kami (beberapa anggota komunitas Linux) berupa membuat sebuah perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, pesan saya kepada teman-teman mahasiswa, jadikanlah kampus itu sebagai tempat menggali informasi, ajang aktualisasi diri, dan jangan hanya bisa membuat acara yang dananya bisa dialihkan untuk keperluan pribadi. Huuuh. Yang terpenting, perbanyaklah link atau relasi sehiungga bisa nantinya menjadi mitra bisnis yang provit😀

Salam pengusaha muda Indonesia

Wassalam

6 thoughts on “Mahasiswa DILARANG jadi PNS :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s