Internet Banci

Standard

Assalamulaikum, 

Saya makin prihatin saja dengan kondisi jaringan internet Indonesia, terutama terhadap produk yang ditawarkan oleh si penyedia layanan internetnya (Internet Service Provider (ISP)). Seperti yang saya ketahui berdasarkan ilmu yang saya dapat dari bangku perkuliahan dulu, bahwa ada dua jenis layanan internet berdasarkan paketnya :

  • Volume Base
  • Time Base

 Volume Base itu tergantung bandwidth yang diambil dalam suatu paket. Jika kita mengambil paket 1000, maka tersedia 10 MB untuk koneksi internet. Jadi masa koneksi internet kita sebanyak 10 MB saja, tidak kurang. Sedangkan Time Base itu tergantung dari lama waktu yang kita pilih. Jika kita ambil paket sehari, maka waktu kita bisa mengkases inetrnet hanya salam 1 x 24 jam saja, dengan ketentuan tertentu.

Tapi kenyataannya, ISP kita mengambil prinsip kedua-duanya. Nama layanan time base, tapi koneksi bersifat volume base😦. Contohnya, kita mengambil paket 1 hari seharga 5000 rupiah saja, maka kita dapat konek ke internet dengan leluasa selama 1 hari penuh dengan kecepatan standar 384 Kbps, tapi jika penggunaan paket baru saja mencapai 1 jam, provider tiba-tiba mengirimkan sms bahwa, bandwidth anda telah habis, kecepatan dikurangi menjadi 64 Kbps. Huuuh.

Kapan majunya negera ini, jika koneksi internet penduduknya masih terus dikebiri😦. Maka hal semua ini saya sebut dengan internet banci, hermaprodit.

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s