Membongkar rahasia keberhasilan detik.com, tanyarezaervani, dan linuxtoday.com

Standard

Assalamu’alaikum

Anda pasti kenal dengan Detik[dot]com bukan ?

Untuk anda penggemar Linux, so pasti juga kenal dengan Linuxtoday[dot]com ?

Dan dalam beberapa hari terakhir, sebuah blog yang sempat tinggi traffic rate nya gara-gara berita tentang bocoran wikileaks terhadap sepak terjang microsoft adalah tanyarezaervani[dot]wordpress[dot]com ?

Semua portal berita (web dan blog) diatas merupakan media informasi yang berguna menyampaikan kabar untuk para pembaca setianya. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi, para wartawannya pun harus lebih cekatan dalam menyunting dan menyebarkan berita, agar berita tidak basi sewaktu disiarkan. Tapi pernahkan anda berpikir, bagaimana cara para wartawan portal berita online tersebut mendapatkan informasi yang akurat ?

Selain ada juga beberapa wartawan yang terjun langsung kelapangan, seperti Detik[dot]com, untuk mendapatkan berita teranyar Nasional, namum tidak begitu sebanding dengan berita-berita Internasional. Wartawan untuk berita berskala Internasional mungkin hanya ditempatkan dibeberapa tempat yang bisa dijadikan objek berita yang bisa diminati pembaca dengan durasi cukup lama, sepert tempat wisata. Pada saat ini, bukan sebuah teknologi yang patut dirahasiakan lagi, bahwa kita sebagai pengguna internet yang dapat dikatakan layanan internetnya aktif 24 jam agar bisa langsung menikmati berita terupdate dan dapat langsung men-share ke beberapa layanan jejaring sosial, memeliki sebuah aplikasi penyimpan headline berita terbaru dari beberapa situs berita selevel detik[dot]com.

Feed

Feed

Adalah Feed Reader, sebuah aplikasi yang mengusung layanan penyimpanan alamat feed dari sebuah website, serta langsung dapat mengupdate konten berita terbaru dari feed milik web yang dituju. Begitu banyak aplikasi penyimpan alamat feed, antara lain di Sistem Operasi Linux : Akregator dan Liferea. Seperti yang saya gunakan saat ini, Liferea. Dengan menggunakan Liferea, saya dapat menyimpan lebih dari 10 alamat feed website, dan secara otomatis akan mengupdate berita dari web yang saya simpan feednya pada saat terhubung ke internet.

Cara konvensional, ibarat orang  membaca koran, agar si orang tadi dapat menambah informasi, maka dia harus membaca lebih dari 5 koran berbeda setiap harinya, jika disamakan ke user komputer,  pada browser internet, user harus membuka new tab atau new window untuk menyimak informasi dari website berbeda. Namun dengan menggunakan aplikasi feed reader, user tak perlu lagi membuka tab baru untuk mengetikkan alamat web yang dituju, cukup memasukkan alamat feed milik sebuah web, dan menyimpannya sesuai kategori, dan langsung update jika terkoneksi internet. Mudahkan ?

Maka, dengan cara dan teknik yang sama, para wartawan web berita teranyar diatas, mendapatkan berita hot dari seluruh penjuru dunia dan layak saji (Setidaknya itu yang saya gunakan untuk mengetahui berita terbaru dari web berbeda dan men-sharing nya di blog ini). Untuk Tutorial penggunaan Feed reader yang saya gunakan, Liferea, silahkan anda unduh disini.

Wassalam

Jika anda suka tulisan ini, kenapa tidak langsung saja klik Like atau Suka, pada banner Penulis disamping :)

2 thoughts on “Membongkar rahasia keberhasilan detik.com, tanyarezaervani, dan linuxtoday.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s