[HOW TO] Sibuk dengan Feed Burner

Standard

Assalamu’alaikum

Pagi hari yang cerah sudah mulai disibukkan dengan setting feed untuk aplikasi feed agregator di OS Sabily saya, Liferea 1.6.4, itu nama aplikasinya (bagi kamu yang sering ngeblog, dan ingin berita terupdate, pasti tau fungsi feed kan?, jika sama sekali belum tau, silahkan lihat teorinya disni dan disini).

Bagi saya feed atau rss itu sama saja fungsinya, adalah untuk melihat judul berita terbaru pada sebuah web atau blog secara plain text sehingga lebih mudah memantau, jadi jika ada berita yang bagus menurut saya, langsung di share (apakah di alih bahasakan dan ditampilkan ke blog atau di share pada Facebook atau Linkedin ).

Bagaimana jadinya jika web atau blog sumber berita tersebut tidak menyediakan fasilitas feed (atau saya yang tidak tau kali yašŸ˜› Hehehe). Apakah masih bisa kita memantau berita terbarunya? Tentu saja bisa. Pada kasus ini saya coba memanfaatkan fasilitas feed dari feedburner. Saya coba daftarkan alamat situs Linux today di akun pribadi feed burnerĀ  :

feed Linux today

Seperti yang terlihat pada gambar diatas (klik gambar untuk melihat lebih jelas), setelah saya mendaftarkan alamat web linuxtoday.com, maka akan tampil feed asli dan feed dari feedburner. Sebelumnya saya menguji, apakah feed asli akan berjalan dengan baik di aplikasi Feed Aggregate, http://www.linuxtoday.com/biglt.rss, ternyata :

Feed Asli Linux Today

http://www.linuxtoday.com/biglt.rss

Ternyata walau memakai feed asli sekalipun, malah mengalami error, akhirnya saya gunakan feed dari feed burner nya google : http://feeds.feedburner.com/linuxtoday/tpwu

Feed Linux Today dari Feed Burner

http://feeds.feedburner.com/linuxtoday/tpwu

Alhamdulillah akhirnya bisa juga. Ternyata feed burner milik Google juga membantu Linuxtoday.com menyediakan feed yang tidak bermasalah, trik ini juga bisa berlaku untuk masalah yang sama.

Sedikit promosi, di Linux (khususnya Ubuntu beserta turunanya) ada banyak aplikasi Feed Reader (pembaca feed/rss blog atau web)

Aplikasi Feed Reader di Lunux

Jika menggunakan aplikasi yang saya pakai, ada kemudahan melihat langsungĀ  web asli dari feed nya dengan mengkilk kanan alamat feed dan pilih Launch Item In Tab :

Liferea 1.6.4

Sekian dulu, semoga bermanfaat.

Wassalam

Jika anda suka tulisan ini, kenapa tidak langsung saja klik Like atau Suka, pada banner Penulis disamping :)

Leave a Reply

