[Ubuntu] Tampilan Pertama Ubuntu 11.10 ‘Oneiric Ocelot’ Beta

Standard

oleh Whitson Gordon dari Life Hacker

Penerjemah Arief Mardianto

Assalamu’alaikum

Oneiric Ocelot

Seperti kebanyakan update Ubuntu, versi 11.10 tidak melakukan perombakan besar, melainkan meningkatkan perubahan yang terdapat di realease 11.04, dengan membersihkan Dash, merombak Ubuntu Software Center, dan membawa beberapa perangkat lunak terbaru. Berikut adalah perubahan terbesar dalam versi beta yang baru dirilis.

Ubuntu 11.04 melakukan beberapa perubahan besar ke default desktop, terutama antarmuka Unity terbaru. Di 11,10 pinggir Unity semakin diperhalus, sambil menambahkan beberapa fitur kenyamanan terbaru. Kami tidak akan menghilangkan setiap perubahan kecil, tapi di sini ada beberapa perubahan yang lebih dominan.

Simpelnya Dash

Dash

Dash, yang diperkenalkan di Ubuntu 11.04, adalah simple launcher yang menyenangkan serta memberikan akses cepat ke aplikasi dan file melalui quick search. Ia memiliki sedikit beberapa bug, yang membuatnya sedikit menjengkelkan untuk digunakan dalam 11.04. Sekarang, Dash hanya memiliki satu tombol, di bagian atas Dock, yang membuka secara menyeluruh. Sebaliknya, tempat pencarian file dan aplikasi adalah “tab” yang terletak didalam Dash, yang disebut “lens”, dan pengembang Ubuntu telah menambahkan music lens terbaru sehingga Anda dapat dengan cepat memulai lagu Anda dari Dash. Selain itu, Dash memiliki kontrol window tersendiri, sehingga Anda dapat dengan mudah memaksimalkan penggunaannya. Tampilannya juga sedikit transparan, dan warna nya pun tergantung kepada wallpaper background Anda, ini merupakan sentuhan yang bagus.

Perubahan Drastis Ubuntu Software Center

New Ubuntu Software Center

New Software Center terlihat fantastis, dan jauh lebih cepat daripada sebelumnya. Ini sebenarnya sangat terlihat seperti Mac App Store, sehingga mudah untuk mencari dan menginstal aplikasi. Walaupun begitu masih terdapat beberapa sisi yang terlihat kasar, tetapi secara keseluruhan ini adalah kemajuan besar.

Seiring dengan perbaikan, ada perubahan mengejutkan bahwa Synaptic tidak lagi disertakan dengan Ubuntu secara default. Hal ini mungkin membuat marah beberapa pengguna Linux Veteran, tetapi untuk apakah itu layak diributkan, Anda masih dapat dengan mudah menginstalnya dari Software Center. Ini hanya agak mengejutkan ketika anda boot up dan mencari Synaptic tetapi tidak menemukannya.

Thunderbird dan Beberapa Aplikasi Default Terbaru

ThunderbirdPada akhirnya, Ubuntu memasukkan Thunderbird sebagai mail client default, dan hal tersebut terintegrasi sangat baik dengan desktop Ubuntu. Anda dapat mengaksesnya langsung dari menu pesan, mendapatkan pemberitahuan desktop, dan bahkan menulis pesan baru dengan mengklik kanan pada icon di Dock. Hal ini tidak mencakup semua – misalnya, integrasi kalender masih hilang – tapi semua itu merupakan perubahan yang sangat baik jika Anda lebih suka Thunderbird dari pada Evolution.
Deja DUP juga dijadikan sebagai default backup tool, yang harus mengintegrasikan dengan GNOME Control Center dan Ubuntu One.

Kontrol Window yang Tersembunyi

Kontrol Window TersembunyiBila Anda memaksimalkan window, maka kontrol window menghilang bersama dengan File, Edit dan menu aplikasi lainnya, hanya menampilkan nama aplikasi di menu bar. Apabila Anda menggerakkan mouse ke sudut kiri atas layar, maka akan muncul kembali, sehingga Anda dapat meminimalkan, memperbesar, atau menutup window. Ini seperti perubahan aneh, terutama jika Anda tidak suka ketika 11,04 membuat menu aplikasi menghilang, tapi begitulah kenyataanya.

Shiny Alt+Tab Switcher

Switcher

Alt + Tab Switcher yang baru terlihat jauh lebih cantik dari sebelumnya, dan bahkan mengintegrasikan preview window jika Anda memiliki beberapa window yang terbuka pada aplikasi tertentu. Selain itu, tidak berbeda dari seniornya, pada 11,10, memberikan polesan khusus sehingga pengguna OS Ubuntu merasa lebih menyenangkan dalam penggunaan.

LightDM Login Screen

LightDM

GDM tidak lagi dijadikan sebagai login screen default untuk Ubuntu, melainkan login screen terbaru yang disebut LightDM (bersama dengan Pretty Sanzzy Themes yang digunakan Ubuntu 11.10 Beta) yang akan menyapa anda ketika Anda mengaktifkan Ubuntu. Ini terlihat bersih dan cantik dari pada GDM, jadi hal ini merupakan perubahan yang menyenangkan, walaupun sedikit mengejutkan pada awalnya.

Hal diatas belum semuanya menampilkan perubahan yang terdapat di Ubuntu 11,10, tetapi masih ada lagi beberapa update terbaru. Jika Anda ingin mencoba versi beta, silahkan unduh live CD dari indeks Ubuntu beta berikut. Versi terakhir dari Oneiric Ocelot  dijadwalkan realease pada 13 Oktober 2011.

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s