Anak Kebo

Standard

Assalamu’alaikum,

Ini cerita pertama kali saya dengar dari youtube, asli ngakak dan nyindir abizzz, dari Habib Riezieq Shihab, tapi sekarang entah ada atau tidak lagi videonya :

Di tengah hari yang terik pada sebuah lapangan berrumput, sewaktu tergelincirnya matahari, terdapatlah segerombolan keluarga kerbau lagi bersantai dibawah sebuah pohon yang rindang. Digerombolan itu terdapat 2 ekor anak kerbau, dan induknya.
Seketika asyik bersantai menikmati udara sejuk dibawah pohon, terdengarlah suara adzan saut-saut berkumandang sampai terdengar lantang. Seketika itu, anak kerbau pun terkejut.

Anak Kebo 1 : Mak, mak, mak, suara apaan tu mak ?
Ibu Kebo : Maneee?
Anak Kebo 1 : Itu lho mak, masak mak kagak dengar sich !!!
Ibu Kebo : (Mendengar dengan seksama) Oh ituuh, tu mah suara adzan.
Anak Kebo 2 : Lu mah jangan buat kaget orang, napa ? (Ngomel sesaat)
Anak Kebo 1 : Adzan itu apa ya mak ?
Ibu Kebo : Adzan ntu tanda waktu sholat udah masuuk,
Anak Kebo 1 : Sholat ? Apaan pula tu mak ? Bingung aye
Ibu Kebo : Yaaah lu, Sholat itu kegiatan sakral yang dilakukan dengan tata cara dan diwaktu-waktu tertentu,
Anak Kebo 1 : Ooo, bgitu ya mak, (Garuk-garuk kepala, kayak ngerti aja, Lalu bertanya lagi) Lha, kita napa nggak sholat ya mak ?
Ibu Sapi : Yaelah jaaang jang, Kita kan kebo,
Anak Kebo 1 : Jadi kalao kebo nggak sholat ya mak ya ?
Anak Kebo 2 : Lhu bawel amat dah, jangan banyak tanya napa !!!
Anak Kebo 1 : Sirik aja lu mah, (Sebel ama saudaranya)
Ibu Kebo : Ya kagak, udah-udah lu pade jangan ribut, nyantai lagi aje ye (Melerai anaknya)

Tak lama kemudian, lewat lah ditepi jalan beberapa orang berpeci dan membawa mukenah, pas didepan gerombolan para kebo. Diikuti dengan anak kecil yang sambil berlari menuju masjid.

Anak Kebo 1 : Mak, mak, mak, itu nape lagi ya mak ya ? Kok orang-orang pade ribut-ribut ?
Ibu Kebo : Oh itu, ntu orang yang mau mendirikan sholat. Kan tadi adzan.
Anak Kebo 1 : Oooooo
Anak Kebo 2 : Banyakan O luuuu, beeeiiuuu
Anak Kebo 1 : Jadi kalo adzan, beres untuk sholat ya mak ?
Ibu Kebo : Bener (Sambil nyengir)

Tak beberapa menit berlalu, Iqamah pun terdengar

Anak Kebo 1 : Mak, nah ini ape lagi ya mak, kayak suara adzan yang tadi, tapiiiiii….pendek-pendek gitu ya mak ?
Ibu Kebo : Itu namanya Qomat jang,
Anak Kebo 1 : Qomat? Qomat apaan tu mak ?
Ibu Kebo : Qomat itu tanda sholat akan dimulai.
Anak Kebo 1 : Kita kenapa nggak sholat ya mak ya ?
Ibuk Kebo : Kan mak udah bilang, kita kan kebo, dimane-mane kebo itu kagak sholat. Titik. (Sedikit gemes dgn anaknya)
Anak Kebo 1 : Ooooo, gitu ya mak, jadi kalau kalau kebo kagak sholat ya mak ?
Ibu Kebo : Iya jang
Anak Kebo 1 : Manusia aje yang wajib sholat ya mak ?
Ibu Kebo : Nah tu lu pinter jaaang jang

Sesaat setelah itu, Anak Kerbau yang banyak tanya tadi, melihat ke sebarang jalan. Dilihatnya ada beberapa orang yang lagi duduk diwarung sambil disibukkan oleh aktifitasnya, dan terlihat juga ibu yang sedang menjaga dagangan warungnya.

Anak Kebo 1 : Mak, lihat deh mak ? Tadi mak bilang, jika ada adzan, maka orang wajib sholat ya mak ya ?
Ibu Kebo : He’eh
Anak Kebo 1 : Kita kebo kan nggak wajib sholat ya mak ?
Ibu Kebo : He’eh
Anak Kebo 1 : Tapi kenapa orang yang diwarung itu nggak pade sholat ya mak, kan tadi adzan ?

Anak Kerbau 2 dan Ibu Kerbau sembari melihat ke seberang jalan, ke arah warung.

Ibu Kebo : Oooo itu, itu namanya keboo kepala hitam jaaang !!!
Anak Kebo 2 : Lho, kok kagak mirip-miripnya ama kita mak ?
Ibu Kebo : Disitu letak bedanya jang, yang itu kerbau kerjaannya main gaplek dan makan nasi, kalo kita kerbau main bajakan sawah makannya rumput.
Anak Kebo 1 : Trus, Sama ama kita-kita dimana mak ?
Ibu Kebo : Ya sama-sama nggak sholat, he he
Anak Kebo 1 dan 2 : OOooooooooooooooooooooooooooooooo (jadi ngerti semua)

Sekian ya,
Eh, yang baca udah sholat belum, ntar saya kasih tau ke kebo lho🙂

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s