Re-New Web KPLI Padang

Standard

Assalamu’alaikum,

Sejak beberapa hari di minggu yang lalu, saya dipercayakan jadi salah satu admin pada web KPLI Padang oleh pembimbing sekaligus yang memegang akun hosting dan domain, yaitu bang Yuhefrizal a.k.a Ephi Lintau. Diantara yang dipercayakan menjadi admin web KPLI, saya yang termuda (Eheeem). Sebelumnya web KPLI Padang tidak begitu berkembang, setelah mencuatnya beberapa isu tentang kepengurusan web karena menimbang banyaknya anggota yang punya bakat menulis di blog pribadi masing-masing, bang Ephi, begitu panggilan akrab beliau oleh rekan KPLI Padang, langsung mengambil keputusan untuk me re-new kepengurusan web. Dengan langsung merubah struktur web yang menggunakan CMS Joomla menjadi CMS WordPress. Hal ini dinilai mempermudah kostumasi web itu sendiri karena dinilai WordPress banyak pilihan thema dan plugin nya.

Lalu pada kopdar KPLI Padang pada tanggal 13 Agustus 2011, sekaligus mengambil momen buka bareng, kami para anggota KPLI yang kebanyakan dari mahasiswa dan dihadiri juga oleh para sesepuh KPLI, diantaranya bang Harry Chan sebagai penasihat KPLI, Teddy Yuliswar sebagai wakil ketua, mas Budi Sunaryo dari Nurul Fikri LP3T sebagai tuan rumah yang telah mengizinkan kantor beliau dijadikan tempat kopdar untuk membahas isu kepengurusan web KPLI khusunya merancang tim menajemen web.

Berkat kesepakatan bersama, tersusunlah tim manajemen web KPLI Padang, diantaranya, bang Yaddi Surahman dan Anna Erdiawan dari KSL ELCO UNP sebagai Desiner Tampilan Web, Saya dan 3 admin lainyya yaitu bang Ephi, bang Harry, dan bang Yon sebagai Editor Tulisan, serta didukung oleh semua anggota KPLI sebagai penulis. Tapi setelah saya jalani, tenyata me manajemen sebuah web itu tidak gampang. Khususnya saya, sebagai auditor, harus teliti memerikasa setiap penulisan kata oleh para penulis dan berusaha memilah-milah kategori tulisan. Karena web KPLI Padang kali ini menggunakan sistem aggregator, sehingga para penulis cukup mendaftarkan feed blog nya saja, dan secara otomatis postingan mereka akan tampil di web, dan itu menjadi tugas editor.

Walaupun demikian, ini merupakan gembrakan besar, karena dalam waktu kurang dari 1 minggu, pengunjung web KPLI Padang telah mencapai angka 200🙂. Semoga ini awal dari Indonesia Must Go Open Source di nagari Minang.

Buka Bareng KPLI Padang 13 Ramadhan 1432 H


Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s