Pesantren Ramadhan

Standard

Assalamu’alaikum,

Di kota tempat saya berdomisili (Padang), ada program yang dibuat oleh pemerintah kota selama bulan suci ini, yaitu Pesantren Ramadhan. Program ini sudah jalan kurang lebih 5 tahun, dimulai pada tahun 2005. Program pesantren Ramadhan ini ditujukan kepada pelajar setingkat SD (kelas 3,4,5,dan 6), SMP, SMA dan sederajat. Pelajar dibagi menjadi beberapa waktu pelaksanaan. Pada pertama kali program ini berjalan, setiap tingkat jenjang pendidikan masing-masing diberikan waktu pelaksanaan selama 1 minggu. Pelajar SMA di minggu pertama, lanjut minggu ke dua nya SMP, dan SD di minggu ke tiga (lupa-lupa ingat :D). Saat ini pelaksanaan pesantren sudah berubah dan mulai membaik dalam kegiatannya. Dimulai dari Subuh, materi pesantren diberikan ke pelajar SMA, lalu jam 9 diberikan ke siswa SD, dan dari zuhur hingga ashar, materi diberikan ke siswa SMP.

Latar belakang diadakannya pesantren tersebut merupakan penilaian pemerintah akan kurangnya jam belajar mata pelajaran Agama di sekolah yang hanya mendapat 20 % saja selama 1 tahun ajaran. Sehingga untuk memaksimalkan pemberian materi, maka dibuatlah kegiatan ini, tetapi harus mengorbankan waktu sekolah, dalam arti kata selama pelaksanaan pesantren, aktivitas sekolah diliburkan. Pemerintah berpendapat, jika pelajar bersekolah selama bulan Ramadhan, maka dipastikan mereka tidak fokus menerima pelajaran karena puasa (lho, kok puasa menjadi alasan sih). Walaupun waktu belajar telah dikurangi beberapa jam.

Nyatanya, beberapa waktu pelajaran lain malah dikesampingkan, seperti mata pelajaran eksak contohnya. Sehingga materi agama 100%, materi pelajaran lain 0%. Jadi, menurut hemat saya, bagusnya pelaksanaan belajar mengajar dikembalikan saja seperti dulu, yaitu di sekolah. Karena walaubagaimanapun juga, Puasa adalah kewajiban, jangan jadikan alasan menjadi tidak fokus belajar😀

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s