Belajar EO

Standard

Assalamu’alaikum,

Kemarin saya bersama teman-teman panitia seminar berangkat menuju salah satu perusahaan yang akan menjadi sponsor dalam kegiatan. Istilahnya Follow Up Proposal gitu. Sesampai di tempat tujuan, kami disambut oleh resepsionis kantor yang ramah dan menyatakan bapak yang kami cari ada di kantor pusat. Sesaat kemudian kami dipandu oleh karyawan kantor menuju kantor pusat yang letakknya tidak berapa jauh dari tempat kami sekarang. Sesampai di tempat tujuan, hal pertama yang kami rasakan adalah lingkungan kantor yang asri dan sejuk. Jauh dari hiruk pikuk keramaian jalan raya. Jelas saja, kantor pusat perusahaan itu merupakan sebuah rumah tempat tinggal yang tergolong rumah semi elite satu lantai tapi tergolong sederhana, dan berada didalam komplek perumahan. Perusahaan itu adalah Nurul Fikri😀.

Setelah dipersilahkan masuk dan menunggu beberapa saat, kami pun bertemu dengan orang yang kami cari. Beliau adalah Pak Gunawan, Marketing nya NF. Bawaan beliau sederhana, ramah, dan murah senyum. Perbincangan pun dimulai dari saya. Dengan memaparkan maksud kedatangan bersama teman-teman.

Ternyata selain memberikan bantuan pada acara kami, pak Gunawan pun memberikan solusi. Intinya begini,

Mahasiswa cendrung membuat acara seperti seminar atau workshop dan bekerjasama dengan beberapa perusahaan dengan mengharapkan sponsorship saja dengan tujuan membantu kas keuangan seminar demi suksesnya kegiatan mereka semata. Perusahaanpun pasti berpikir ingin mengeluarkan uang untuk membantu kegiatan jika tidak ada keuntungan yang didapat. Tapi cobalah, jika jauh-jauh hari mahasiswa mempunyai sebuah konsep acara, selain membicarakannya dengan pihak kampus khususnya pembimbing HIMA, bicarakan juga dengan beberapa pihak perusahaan yang ingin dijalin kerjasama. Tujuan perusahaan menjalin kerjasama dengan panitia kegiatan mahasiswa selama ini adalah mudah mempromosikan produk yang mereka jual dan langsung tepat sasaran kepada pelanggan. Jadi selain acara mahasiswa sukses, pihak perusahaan pun untung😀

Pak Gunawan memberikan beberapa contoh acara yang didalamnya ada unsur semarak, provit, dan saling menguntungkan. Yaitu

lomba mengetik dengan Office 2007 tingkat SD se-Sumatera Barat (tapi harus legal Office nya :D). Bisa dibayangkan, pada saat pelaksanaan banyak sekali orang tua murid dan Guru mengantarkan anak / siswa mereka mengikuti lomba. Bakalan banyak yang hadir pada acara tersebut, padahal yang ikut lomba cuma 1 orang siswa😀. Acara dapat menggaet Pemerintah, misalnya Gubernur. Dengan mengusung Piala Bergilir Gubernur Sumatera Barat, acara bisa jadi lebih bergengsi serta menarik banyak peserta. Selain itu nama kampus dan keuntungan perusahaan yang berperan dalam kegiatan bisa ikut-ikutan naik. Kampus mendapat kepercayaan masyarakat jika membuat acara yang sama bahkan lebih dari saat itu. Perusahaan pun mendapatkan tempat untuk mempromosikan produk dan langsung bertemu dengan calon pelanggan serta dapat mengetahui kebutuhan pelanggan.

Intinya adalah kegiatan harus memenuhi kriteria yaitu harus semarak, harus provitt, dan saling menguntungkan😀. Semoga berguna.

Wassalam

2 thoughts on “Belajar EO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s