1 Password, Milik Bersama

Standard

Assalamu’alaikum,

Sesaat sebelum saya mendirikan Sholat Zuhur tadi siang, ada seseorang minta tolong setting hardware wireless untuk terhubung ke internet di laptopnya. Syarat terhubung ke internet haruslah punya akun Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan password portal akademis. Karena akses yang tersedia adalah akses Internet Kampus UNP. Ternyata, orang tersebut adalah angkatan tahun 90-an. Jadi belum punya NIM portal akademis. Hihihi, Kasihan deh😀 .

Saya pun menyarankan, jika ingin connect ke internet, silahkan masukkan akun portal akademisnya. Dan orang itu bilang, kalau dia nggak punya akun portal akademis. Selama ini, dia hanya pake akun portal akademis orang lain, katanya sich adiknya.

Saya pun mulai sewot, saat dia meminta akun portal akademis milik saya. Walaupun saya telah lulus dari almamater, tapi akun saya masih tetap bisa di akses. Lho, kok bisa😀, Tanya Kenapa ???. Padahalkan, sudah jelas-jelas akun portal akademis itu tidak boleh dikasih tahu ke orang lain, apalagi orang yang baru anda kenal😀.

Walaupun sudah diberi penjelasan panjang x lebar x tinggi, tentang ke rahasiaan dan konsekuensi apabila akun diberi tahu ke orang lain, tapi dia tidak juga mengerti. Konsekuensinya adalah jika kita memberi tahu orang lain tentang akun portal akademis milik pribadi, maka kita juga tidak bisa connect di WiFi mana saja, selagi masih di lingkungan kampus. Tapi orang ini berdalih tidak akan mengutak-atik akun portal saya. Saya sich percaya, tapi ini jadi tidak rahasia lagi kan ?.

Nah, ini lah yang harus disadari oleh rakyat bangsa Indonesia saat ini. Karena kita dulunya di didik harus bersikap tolong menolong dalam mata pelajaran PPKn, sampai-sampai untuk berbagi koneksi WiFi dilingkungan kampus pun kita harus tolong menolong membagi akun portal milik pribadi. Haduuuuh😦 . Butuh pendalaman dan cakupan lebih luas lagi nich tentang sikap tolong-menolong yang dibahas dalam mata pelajaran PPKn (baca:saat ini Kewarganegaraan. red) , terutama aplikasinya di zaman serba mlek teknologi. Calon generasi penerus bangsa harus sadar atas kerahasiaan sebuah akun. Bahwa akun yang terdiri dari username dan password adalah milik pribadi, bukan milik bersama atau bersama untuk dimiliki😀

Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s