Hari libur, banyak tidur

Standard

Asslamu’alaikum,

Piknik

Piknik

Senangnya saya bisa menjadi bagian dari republik Indonesia. Karena di negara ini memiliki hari libur nasional terbanyak. Bahkan pemerintahnya pun sangat bijaksana mengambil keputusan, mereka memutuskan bahwa hari Sabtu menjadi hari libur bersama khusus pegawai negeri sipil (PNS), tapi yang bukan pegawai negeri saja yang libur, pegawai swasta juga ikut libur, hehe๐Ÿ™‚. Saking bijaksananya, pemerintah malah memutuskan jika ada hari libur Nasional seperti hari besar agama pada hari kamis, maka otomatis hari jum’at nya bakal ikut-ikutan libur, walaupun bukan tanggal merah (libur), kata mereka sih TERJEPIT sehingga disebut HARPITNAS (HAri terjePIT NASional)๐Ÿ˜€.

Bukan pemerintah republik ini saja yang bijak menetapkan hari libur, instansi pemerintahnya pun juga bijak mengambil keputusan libur. Seperti yang saya rasakan ini, tepat tanggal 31 Mei 2011, serentak diseluruh provinsi di Indonesia mengadakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang sering diplesetkan dengan singkatan SeNaMPTN. Ujian SNMPTN mengambil tempat seperti gedung Sekolah dan Kampus (Negeri atau Swasta, yang penting terdaftar di Dinas Pendidikan). Maka otomatis, siswa yang bersekolah dan mahasiswa yang kuliah di gedung tersebut, terpaksa atau lebih tepatnya dengan suka rela ikut libur. Liburnya pun tidak sehari (1 hari) melainkan 2 hari (31 Mei dan 1 Juni 2011), karena ujian SNMPTN terdiri dari 2 tes. Hari pertama, calon mahasiswa melaksanakan Tes Potensi Akademik dan tes Bidang Studi Dasar, pada hari kedua dilaksanakan Tes Bidang Studi.
Wah wah wah,,,untuk pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi negeri saja sudah menyita banyak waktu libur bagi pelajar.


Pada tanggal 2 Juni, hari Kamis, merupakan libur perayaan hari besar agama. Karena Jum’at nya terjepit dengan hari Sabtu, seperti yang telah dijelaskan, Jum’at tanggal 3 Juni juga ikut libur. Tidak sampai disitu saja, wabah libur pun juga merajangi hari senin dan selasa, 6 dan 7 Juni. Kata wakil kesiswaan tempat saya mengajar, sekolah tersebut dipakai untuk ujian Sekolah Tinggi Akutansi Negara (STAN). Kesimpulannya adalah hanya hari Senin saja merupakan hari efektif dalam minggu ini, selebihnya sampai hari selasa minggu depan, LIBUR. Jadi pikir apalagi, jika anda ingin punya banyak waktu untuk liburan, jadilah Warga Negara Indonesia sekarang juga๐Ÿ™‚.

Wassalam.

2 thoughts on “Hari libur, banyak tidur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s