BIOS v.1 Code Name : “Jam Gadang”

Standard

Assalamu’alaikum,

Dirangkum dari kata sambutan Walikota Bukttinggi yang disampaikan oleh Wakil Walikota Bukittinggi, Bapak Harma Zaldi, kepada semua Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Camat se Kota Bukittinggi diruang Rapat TUP Walikota dalam kegiatan Pembukaan Sosialisasi Penggunaan Open Source Software (OSS) sebagai tindak lanjut Surat Edaran dgn Nomor : SE/01/M.PAN/3/2009, dalam rangka Implementasi Penggunaan OSS di Lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi, pada hari Kamis, tanggal 21 April 2011 sebagai berikut :

Berdasarkan Surat Edaran Nomor : SE/01/M.PAN/03/2009 tentang Pemanfaatan Piranti Lunak Legal dan Open Source Software (OSS) oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara adalah dalam rangka mendukung surat Edaran yang dikeluarkan Mentri Komunikasi dan Informatika Nomor : 05/SE/M.KOMINFO/10/2005 tentang Pemakaian dan Pemanfaatan Penggunaan Piranti Lunak Legal di Lingkungan Instansi Pemerintah yang merupakan sebagai tindak lanjut dari Deklarasi Program Nasional “Indonesia, Go Open Source (IGOS)” yang ditanda tangani oleh 5 Mentri yaitu Menkominfo, Menristek, Menpan, mendiknas, dan Menkumham pada tanggal 30 Juni 2004 di Jakarta, membuat Pemerintah Kota Bukittinggi melakukan migrasi ke penggunaan OSS kepada seluruh jajaran SKPD pada tahun 2011 ini.

Agenda ini juga membuat Bidang Kominfo pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika sebagai instansi yang bertanggung jawab dalam perangkat lunak, menggandeng Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Regional Padang dalam perancangan dan pembuatan Distro Linux yang mencakup penggunaan komputer secara umum dilingkungan Kota Bukittinggi. KPLI Padang pun mengerahkan anggotanya demi mewujudkan cita-cita Indonesia Go Open Source.

Dibawah arahan Bang Harry Chan Putra sebagai Penasehat KPLI Padang, beliau menunjuk beberapa anggotanya yang akan dijadikan Tim Inti pembuatan Distro Linux bernama Bukittinggi Go Open Source (BIOS). Adapun Tim Inti tersebut beranggotakan sebagai berikut :

Arief Mardianto sebagai Pimpinan
Anna Erdiawan sebagai Tim Pemaket
Ardian Firosha
Hendris Syah Putra
Verdian Sulaiman sebagai Tim Desain
Zukri Nur Mustapa
Yonisman sebagai Tim Instalasi

Berkat hasil kerja keras Tim yang Solid dalam memperhitungkan setiap aplikasi komputer yang digunakan untuk kebutuhan standar Pemko Bukittinggi dan pemilihan desktop serta desain grafis seperti wallpaper, icon, dan theme, maka Distro BIOS v.1, Code Name “Jam Gadang” ini siap digunakan. Kegiatan instalasi yang dilakukan dalam 2 tahap dengan masing-masing menyelesaikan 200 komputer disetiap tahapnya. Tahap pertama dimulai pada tanggal 6 Mei 2011 sampai 20 Mei 2011, dan InsyaAllah tahap akhir akan dilakukan pada bulai Juli 2011.

Distro BIOS v.1 terinspirasi dari Distro BlankOn 6 Ombilin, sebagai salah satu Distro Indonesia yang dikembangan (remastering) dari Ubuntu 10.04.2 LTS. Aplikasi yang disuguhkan terdiri dari :

Aplikasi perkantoran :
CHMSee,
Open Office 3.2,
Adobe Acrobat Reader 9
Aplikasi Desain Grafis :
Gimp,
Inkscape
Aplikasi Internet :
Adobe Flash Player,
Chromium Browser,
Mozilla Firefox Browser,
Pidgin Messenger
Aplikasi Multimedia :
Audacious,
VLC,
Ubuntu Restricted Extras,
Xfburn
Aplikasi Jaringan :
VNC Viewer,
SAMBA
Aplikasi tambahan :
Rar, Zip, Java, serta aplikasi standar Ubuntu 10.04.2 LTS

Berikut screen capture Distro BIOS v.1 dengan code Name : “Jam Gadang” :

Splash Screen

Plymouth Distro BIOS v.1 mengambil icon Rumah Gadang sebagai ciri khas budaya Minangkabau, Sumatera Barat

Desktop BIOS

Default Background Desktop BIOS v.1 menampilkan Jam Gadang sebagai icon pariwisata Kota Bukitinggi dan pohon yang berada diatas bukit dihiasi langit biru muda melambangkan Bukittinggi sebagai kota berhawa sejuk

Multi Workspace

Multi Workspace merupakan bawaan Ubuntu 10.04 juga digunakan di Distro BIOS v.1

Daftar nama pengembang Distro BIOS v.1

Profile Pengembang BIOS v.1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s