[Ubuntu] Cara paling mudah download video dari Youtube

Standard

Assalamu’alaikum,
Masih ingatkan dengan artikel yang pernah penulis buat tentang download video dengan youtube-dl disini. Ternyata dalam pengaplikasiannya masih terdapat kendala, yaitu link video yang tidak terdaftar. Sebagai permintaan maaf, penulis akan share artikel download video youtube dengan Ubuntu paling mudah, tanpa software.

Cukup dengan memastikan flash player yang sudah terinstall di OS Ubuntu kita, dan lihat video youtube sampai selesai lalu sebelum melihat video berikutnya, coba buka folder

/tmp di File System,
Lihat video youtube

/tmp

Apabila video yang telah selesai kita tonton, maka akan terdapat sebuah file video di folder /tmp pada file system. Rename file tersebut dengan menekan F2, dan ketik dengan memberi akhiran/extension .flv sebagai extension umum file video hasil download youtube. Lalu Copy dan Paste pada salah satu folder di /home

Rename file

Paste ke /home/Videos/...

Teknik yang sama masih dapat kita gunakan untuk mendownload video streaming, seperti video acara e-lifestyle metro tv. Bedanya video yang tayang saling bertautan antara satu dengan yang lain, sehingga kita harus jeli membedakan jeda antara setiap video. Kalau tidak, bisa-bisa data di folder /tmp akan ditimpa dengan data video yang sedang tayang.🙂. Cukup sekian, semoga bermanfaat.

Wassalam

13 thoughts on “[Ubuntu] Cara paling mudah download video dari Youtube

  1. saya biasanya juga menggunakan metode ini. tapi waktu saya install ulang laptop dengan menggunakan ubuntu 10.10 dan menggunakan chrome tidak ada muncul di tmp. apa ada yang harus diinstall atau diupgrade lagi? gnashnya? swedec? adobe flash? saya sudah upgrade semua tapi tetap tidak bisa

  2. agung

    sama seperti mas ahdoy..
    punya ku juga dulu bisa,, tp sekarang udah ga bisa lagi …..
    udah browsing2 nyari cara munculinnya lagi tp blm ktmu2….
    mohon bantuannya …………..

  3. – mas Arief, bagaimana cara memastikan kalau flash player sudah terinstall di OS Ubuntu kita, dengan Ubuntu Software Center?

    – mas Andi, sama juga kalau yang pake Chromium lihat di folder ~/.cache/chromium/Default/Cache, langsung dicopy ke folder lain, rebes dah ..

    – terimakasih ..

  4. Sudah bisa, lewat cache itu. Tapi tidak semua video bisa diunduh/dicopy, karena kadang ada yang nampak, tapi kadang ada yang tak nampak sama sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s