Senangnya download LHS* dengan Ubuntu

Standard

Assalamu’alaikum
https://portal.unp.ac.idArtikel ini dibuat karena pengalaman penulis melihat teman mahasiswa yang mem-print LHS nya tidak sesuai dengan yang tampil di portal serta artikel ini mungkin juga membuat pengguna sistem operasi Windows (baca:windust) sedikit bergumam, dan mudah-mudahan berpindah menggunakan Ubuntu setelah membaca artikel ini.

Bagi penulis, bulan Januari sampai Februari adalah jadwal sibuk di kampus. Karena para mahasiswa sibuk daftar ulang perkuliahan memasuki masa ajaran baru, ada juga yang seminar proposal, bahkan kompre (saya kapan kompre ya :)). Yang menjadi permasalahan adalah sewaktu melihat nilai perkuliahan yang telah dilaksanakan dan memilih mata kuliah untuk tahun ajaran baru. Sewaktu memilih mata kuliah untuk tahun ajaran baru, penulis diwajibkan memperlihatkan nilai mata kuliahnya kepada dosen pembimbing akademis (PA) sehingga PA bisa tau perkembangan mahasiswa asuhannya serta bisa memberi wejangan sesuai nilai yang didapat oleh si mahasiswa. Jika nilai di Lembar Hasil Studi (LHS) nya bagus, Alhamdulillah akan dapat pujian dan sanjungan dari PA, tapi jika nilai amburadul, siap-siap akan di sindir habis-habisan oleh dosen PA. Tapi sindiran itu merupakan semangat untuk mahasiswa mengawali kuliah di semester berikutnya.
Permasalahannya adalah ketika akan mencetak LHS dari sistim informasi akademis kampus yaitu portal. Kendala yang sering dialami mahasiswa adalah koneksi untuk megakses portal yang terkesan lambat, padahal fakta sebenarnya adalah banyaknya mahasiswa yang mengakses 1 alamat tujuan sehingga server portal pun over load (kira-kira seperti itu deh🙂 ). Kendala berikutnya setelah masuk ke portal, mahasiswa harus mem-print LHS yang telah diketahui. Untung – untung kalo di warnet atau di rumah kosnya ada printer, bagaimana jika tidak😦 ?. Terpaksa si mahasiswa mencari warnet yang ada printer atau romah kos teman yang bisa mengakses portal dan langsung mencetak hasil LHS yang telah dilihat. Dan halaman LHS tidak bisa di save as begitu saja ke dalam flash disk, kalau dipaksakan, halaman LHS yang dibuka kembali akan tampil dengan tidak tersusun rapi serta garis tabelnya hilang.
Jika si mahasiswa berusaha sedikit saja dengan cara menggunakan komputer yang telah ter-install distro linux Ubuntu, maka kesusahan ini tidak akan dijumpai. Dimulai dengan mengakses portal, kita tinggal klik saja Lembar Hasil Studi disisi kanan web.

klik LHS

Setelah link LHS di klik, maka akan tampil laman pilih nilai yang ingin ditampilkan sesuai semester yang dikehendaki :

pilih semester

Pada tahap inilah yaitu print LHS, mahasiswa merasa diuntungkan. Jika printer tidak ada, maka kita dapat menyimpan laman print out dengan format .PDF yang tampilan datanya detail sekali sesuai dengan laman yang tampil di layar komputer. Pilih Print to File pada bagian Printer, lalu pada Output format pilih PDF serta jangan lupa ketikkan nama file LHS yang akan disimpan. Tukar Save in folder menjadi Desktop sehingga mudah dikenali, terakhir klik Print.

Print to file

Output format dan Save in folder

Silahkan cek di Desktop, file hasil print out LHS dalam bentuk data .PDF akan langsung tersedia.

printout LHS

Agar lebih membuktikan, silahkan dicek dengan membuka langsung file tersebut:

LHS

Mudahkan🙂. Semoga profokasi ini akan banyak mahasiswa menggunakan Ubuntu.


Wassalam

4 thoughts on “Senangnya download LHS* dengan Ubuntu

    • Ya terpaksa print di tempat mas🙂
      Kalo g’, di save pake Microsoft Note 2007 (kalo g’ salah)
      Tapi kalo pake Ubuntu, kita bisa save datanya dalam format PDF langsung🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s