[Ubuntu] USB Startup Disk Backtrack 4 Final

Standard

Assalamu’alaikum,

Padang – Apa kabar semua. Kali ini penulis ingin berbagi tentang cara membuat USB startup disk untuk Backtrack 4 Final. Tentu semua pada tau dong apa itu USB Startup Disk itu ?. Sekedar informasi, USB Startup Disk merupakan cara untuk membuat live cd sebuah master OS dari bentuk kepingan cd atau dvd menjadi bentuk flash disk drive. Kebanyakan teknik ini digunakan untuk Distro Linux. Baiklah, tanpa basa – basi, mari kita bahas teknik membuat USB Start Disk ini. Untuk membuat USB Startup Disk sangatlah mudah. Hanya diperlukan sebuah software dan flash disk drive sebagai medianya. Pada Distro Ubuntu, software yang mendukung USB Startup Disk ini sudah tersedia. Yaitu Startup Disk Creator. Cukup dengan mengklik System -> Administration -> Startup Disk Creator, dan tampillah jendela berikut ini :

Gambar 1

Lain halnya apabila kita ingin membuat Startup Disk untuk Distro Linux Backtrack 4 Final. Walaupun distro ini bersifat debian, tapi tidak serta merta bisa dibuat startup disknya. Oleh sebab itu kita membutuhkan sebuah aplikasi tambahan, yaitu UNetbootin. Pertama-tama install softwarenya, dengan mengetik perintah berikut di Terminal yang sudah terbuka.

sudo apt-get install unetbootin

Setelah proses installasi berjalan lancar, buka aplikasi UNetbootin dengan cara klik Applications -> System Tools -> UNetbootin

Gambar 2

Apabila program UNetbootin telah tampil, segera cari letak file .iso atau image cd yang akan di extract ke flash disk drive denagn vara tekan tombol bagian kanan Diskimage seperti yang terlihat pada gambar 2. Setelah dipastikan letak file .iso nya, pilih Open (gambar 3). Lalu tekan OK (gambar 4).

Gambar 3

Gambar 4
Maka proses extract akan berlangung sampai selesai. Untuk diingat, kapasitas flash disk harus lebih besar dibanding kapasitas extract data .iso.
Gambar 5
Setelah semua proses extract selesai, maka flash disk siap untuk digunakan. Nah, agar bisa booting dari flash disk drive, maka perlu di ubah first booting dari laptop atau desktop yang kita miliki menjadi USB-HDD (pada Desktop) atau USB Nama_Drive (pada Laptop. Ketika proses booting, tekan F12 pada laptop). Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat,
Wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s