[HOW TO] Backup Bookmark Mozilla 3.6

Standard

Padang – Assalamu’alaikum. Siapa yang tidak kesal sewaktu sistem operasi yang ada di laptop pribadi harus diinstal ulang.  Hal itu membuat semua data yang telah lama tersimpan, harus hilang seketika. Dan akan lebih terasa pusing bukan kepalang, jika yang hilang adalah aplikasi web browser yang telah banyak menyimpan beragam bookmark situs – situs keren yang sangat disukai. Panik,,,panik,,,paniiiiiiiiiik. Sabar dulu gan, neh, ada solusinya.

Bookmark berguna untuk menyimpan alamat atau menandakan halaman sebuah situs favorit kita. Oleh sebab itu, sebelum masa-masa suram itu terjadi, ada baiknya kita membackup seluruh bookmark yang tersimpan di web browser kita. Ok deh, langsung ke TKP ya :

Sebelum kita menginstall ulang sistem operasi di komputer pribadi, sebaiknya kita membackup bookmark web browser yang kita milki. Kali ini penulis menggunakan web browser Mozilla Firefox 3.6.  Seperti yang terlihat pada gambar diatas tadi, terlihat tepat diatas kumpulan tab yang terbuka merupakan bookmark yang tersimpan.Dengan mengklik salah satu bookmark tersebut, kita dapat dengan cepat mengakses halaman situs tanpa harus mengetikkan alamat situs di address bar. So, untuk membackup semua bookmark yang tersimpan dalam mozilla kita, langkah awal yang kita lakukan adalah, Klik Bookmark yang terletak di toolbar mozilla kita >> klik Organize Bookmarks

Setelah itu, terbuka jendela baru yang bernama Library. Pada jendela tersebut, klik Import and Backup, klik Export HTML. Maka akan terbuka jendela tempat alamat penyimpanan dan nama yang akan di backup. Lihat gamabar berikut :

Lalu akan terbukalah jendela tempat penyimpanan bookmark yang akan kita back up. Pastikan nama bookmark yang tersimpan,  merupakan nama yang mudah diingat oleh kita. Setelah itu, klik Save, dan bookmark tadi akan tersimpan dengan extensi .html. Simpan data hasil backup bookmark tadi ke dalan USB, dan install ulang komputernya.

Sekarang, setelah komputer kita diinstall ulang, dan web browser pun juga telah diinstall maka kita akan mengembalikan bookmark yang telah di backup tadi ke web browser yang baru saja diinstall. Buka web browser, maka akan terlihat, toolbar bookmark masih kosong, karena belum memiliki bookmark. Kalaupun ada, itu pun merupakan bookmark standar yang dimiliki oleh web browser yang baru diinstall.

Klik Bookmarks pada toolbar,lalu pilih Organize Bookmarks, maka akan tampil jendela Library, dan klik Import and Backup, lalu pilih Import HTML

dan kemudian akan tampil jendela import wizard. Pilih From an HTML File, lalu klik Next

setelah itu pilih file  backup bookmark tadi, dalam hal ini ditunjukkan oleh file yang berekstensi .html. Kemudian klik Open.

Maka akan kembali ke jendela Library dengan hasil pada jendela kiri, tampak folder Bookmarks Toolbar yang berisikan kumpulan Bookmarks yang kita simpan sebelumnya.

Sampai langkah diatas, kita telah dapat mengembalikan Bookmarks yang kita backup ke web browser yang baru di install tadi. Untuk menampilkan Bookmarks tersebut di toolbar web browser, kita harus men drag kumpulan Bookmarks yang ada di jendela sebelah kanan ke Bookmarks Toolbar yang ada disebelah kiri, tepat di bawah All Bookmarks, seperti gambar berikut :

Dan coba lihat kembali toolbar bookmarks pada web browser nya, bookmarks lama telah kembali.

Nah, itulah serangkaian tips untuk memback up bookmark yang terdapat pada Mozilla 3.6 atau upgrade. Untuk Google Chrome dan Safari, insyaAllah menyusul ya…:))