[HOW TO] Menambah Lokasi di Google Maps

Standard

Sebelum anda membaca tulisan ini, saya beritahukan bahwa tutorial ini sudah tidak bisa digunakan lagi, karena Google sudah mengubah settingannya

Assalamu’alaikum

Pusing – pusing siang ini ternyata memberikan ide. Terpikirkan oleh penulis tentang bagaimana cara menambahkan lokasi atau tempat di google maps . Langsung jari jemari ini mengetikkan kata kunci di google, “How To, add locations, google map”. Alhamdulillah dapat apa yang dicari.

 

Untuk itu, agar mempermudah pengguna internet di Indonesia, saya mencoba mebuat artikel singkat ini, walaupun terkesan sudah basi. Hal yang sebelumya harus kita punya adalah akun di google. Berikut langkah – langkahnya :
1. Ketik http://maps.google.com, lalu ketik tempat yang ingin kita tambahkan lokasinya. Hal yang perlu dipertimbangkan untuk menambahkan lokasi di google map adalah penamaan yang unik, agar dapat dibedakan dengan lokasi yang telah ada. Misalnya, saya mencoba menambahkan 3 Store, tempat beli voucher kartu hp langganan saya. Kebetulan belum ada yang menambahkan lokasi 3 Store di google maps.

2. Terlihat di peta bahwa belum ada tempat yang mengindikasikan tujuan yang dimaksud. Klik Add it to Google Maps pada bagian sisi kiri layar. Maka google akan men-direct ke halaman selanjutnya seperti gambar berikut :

3. Klik Continiue to add location >>, kemudian isi nama tempat yang kita maksud. Nama harus unik, karena kalau ada nama tempat lain yang sama dengan nama tempat kita buat, google secara otomatis memberikan link ke tempat yang telah ada.

4. Kita diwajibkan mengisi identitas lengkap dengan mengisi form tambahan berikutnya

5. Pada bagian paling bawah, kita diminta menempatkan ulang tanda lokasi berwarna merah sesuai dengan posisi aslinya

6. Jangan lupa klik Publish untuk menyetujui yang telah kita set.

Sekarang, coba kita ketik kembali tempat yang sebelumnya ingin kita cari. Google maps langsung menunjukkan tempat yang kita maksud, sesuai dengan apa yang kita buat tadi.

Kalo dipikir-pikir, tips ini sangat cocok untuk para pelaku e-commerce. Cukup sekian untuk hari ini, semoga tips ini berguna.

Wassalam.

65 thoughts on “[HOW TO] Menambah Lokasi di Google Maps

  1. Eggy Alfian S

    mas, koq gk ada kata “publis setelah kita tentukan lokasi / tanda merahnya” ???
    yg ada malah “Submit”

    ketika di click malah yg keluar
    “Please review the messages below, take any necessary actions, and click Publish again.”

    *bingung….

  2. eko

    pas isi alamat trus saya next muncul tulisan “We do not support adding a place here yet”sudah saya coba ratusan kali ttp muncul gitu,solusinya gmn sob..tk

  3. Fatmaril Indah

    Entrinya sesuai sama kebutuhan saya mas..
    Tapi kok muncul report “we do not support adding place here yet” yah?
    Terimakasih… :)

  4. ronexs

    kasusnya sama nih dengan agan Restu Chaerul Oman diatas .. selalu ada koment “Kami belum mendukung penambahan tempat disini” .. kemungkinan memang beberapa tempat belum mendukung fitur ini gan, kebetulan add lokasi yg saya coba ini di daerah pelosok dan map terakhir update 2013 atau baru saja update dari googlenya .. awalnya sih kaget aja kok ada beberapa penambahan POI yg baru dan ada beberapa yg masih kurang, rencana mau ikut partisipasi menambahkan POI yg setype .. karena memang sudah lama sekalo map di daerah itu belum terupdate, update terakhir seingat saya tahun 2009.

    kalao ada tutorial baru untuk mengatasi masalah ini mohon dishare gan.
    nice share gan

  5. Bagus ni buat teman-teman yang punya toko, biar orang yang lagi browsing di google bisa tahu letak dan lokasi tokonya. makasih mas infonya..salam kenal

  6. lepa/puwake

    saya sudah tiga minggu menempatkan lokasi bisnis saya di google map. tapi kenapa kok gak muncul2, pertnyaan saya, apakah ada kekliruan dari yang sudah sya cantumkan ataukah memang belum saatnya muncul. kalau boleh tau berapa lama akan tmpil lokasi yg saya cantumkan
    dari mulai pendaftaran?

    • Saya lebih sarankan jika ingin memprompsikan lokasi bisnisnya, silahkan pakai google map bisnis, search aja. Layanan tersebut akan menampilkan informasi denah layanan bisnis anda lebih kurang 30 hari :)

      Artikelnya baru saya susun nih, simak terus aja blog saya,

      Jangan bosan berkunjung ya :)

  7. prince

    mas, awal pertama coba muncul ‘Add it to Google Maps”, lalu sempat saya tambahkan sampai 1 step selanjutnya. Namun saya batalkan karena namanya salah.
    Saat mencoba lagi, kok ga muncul lgi “Add it to Google Maps”, knp itu mas?

  8. Batara

    selesai ngisi formulir kok ada konfirmasi bilang ” kode veriikasi anda akan dikirim 1-2 minggu lagi melalui pos di alamat yng saya masukkan” Maksudnya ap yah itu??????

    • Google bakal ngirim kode verifikasi ke rumah nya mas, nanti kode itu yang kita masukkan ke alamat yang sudah kita tambahkan. Kalau dulu lewat SMS sudah bisa, tepi sekarang harus pakai pos :)

Leave a Reply

